Dosen Poltek Harber, Dampingi Pengolah Ikan Lokal Tembus Pasar Global

TEGAL, smpantura – Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM), dengan memberikan pendampingan teknis dan pelatihan, kepada para pengolah ikan laut lokal, di Kelurahan Muarareja RT 4 RW 2 Kota Tegal.

Dalam kegiatan ini, dosen Poltek Harber memberikan penjelasan tentang potensi pasar ekspor perikanan dan tantangannya, serta memberikan solusi, untuk mengurangi cemaran bakteri pada ikan, dengan menggunakan teknologi pulsed electric field. 

Hasil laboratorium menunjukkan, bahwa teknologi ini dapat mereduksi kandungan bakteri, tanpa merusak kandungan protein pada ikan laut standar ekspor.

“Kegiatan dimulai dengan penjelasan potensi pasar ekspor perikanan dan tantangannya, di mana salah satu faktor penolakan ekspor ikan adalah karena cemaran bakteri. Penggunaan teknologi pulsed electric field dapat mereduksi kandungan bakteri tanpa merusak kandungan protein. Di mana hasil laboratorium menunjukkan hasil yang lolos SNI,” kata Dosen Prodi D3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Qirom pada Selasa (19/09/23).

Qirom berusaha membantu, pengolah ikan lokal, agar mengikuti standar internasional dalam pengolahan ikan laut. Hal ini, akan membuka peluang ekspor yang lebih besar.

BACA JUGA :  DPPKBP2PA dan Suara Merdeka Terapkan Pedoman Pemberitaan Ramah Anak

Poltek Harber bekerja sama dengan pelaku usaha lokal, untuk memperkuat sektor perikanan Tegal dan bersaing di pasar global.

Keberhasilan ini, akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan memperkuat reputasi ikan laut Indonesia di mata dunia.

“Keberhasilan ini, tidak hanya akan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, tetapi juga, akan memperkuat reputasi ikan laut Indonesia di mata dunia,” tutur Sari.

Kelompok Pengolah Ikan Mina Rizqi, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan pendampingan, dari dosen-dosen Poltek Harber, yang membantu meningkatkan kualitas produk dan membuka peluang baru di pasar internasional.

Kegiatan sosialisasi dan penggunaan pulsed electric field dilakukan pada tanggal 25-26 Agustus 2023, diikuti oleh kegiatan pendampingan, pengurusan COA & CPPOB pada 4-9 September 2023, dengan sekitar 20 peserta dari Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan Mina Rizqi Kelurahan Muarareja Kota Tegal.

Ketua PKM, bersama dengan Arry Darmawan, serta Sari Prabandari berencana, untuk terus melanjutkan program pendampingan dan berharap, dapat melibatkan lebih banyak pelaku usaha, dalam upaya meningkatkan standar pengolahan ikan laut ekspor, dimasa depan. (T03-Red)

Scroll to top
error: