DPD LDII Pemalang Kurban Ratusan Sapi dan Kambing

PEMALANG, smpantura – DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Pemalang, menyembelih sebanyak 222 hewan kurban berupa sapi dan kambing, yang tersebar di sekitar 40 titik sewilayah Pemalang, Senin (17/6).

“Alhamdulilah tahun ini warga LDII se-Pemalang, bisa menyembelih 114 ekor sapi dan 108 ekor kambing di hari pertama Idul Adha. Tidak menutup kemungkinan ada tambahan pada hari selanjutnya,” ujar Sekretaris DPD LDII Pemalang, Agus Sarwono.

Berdasarkan data yang diterima DPD LDII Pemalang, hingga hari pelaksanaan kurban, dana yang terkumpul lebih dari Rp 3,1 miliar. Jumlah itu meningkat dibanding tahun 2023 sebesar Rp 3.046.750.000.

Dari dana Rp 3,1 miliar tersebut, LDII Pemalang menggunakan untuk membeli 114 ekor sapi senilai Rp 2.841.250.000  dan 112 ekor kambing senilai Rp 343.450.000.

“Sebaran hewan kurban terbanyak ada di wilayah Kecamatan Ampelgading. Jumlah sapi mencapai 31 ekor dan kambing 54 ekor. Untuk Kecamatan Pemalang, menyembelih 23 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Di Kecamatan Petarukan, memotong 21 ekor sapi dan sembilan ekor kambing,” ucapnya.

Sementara itu, untuk kecamatan lainnya, rata-rata berkurban satu hingga sembilan ekor sapi dan dua hingga sembilan ekor kambing.

BACA JUGA :  Pertunjukan Seni Jadi Ajang Mengedukasi Pengolahan Sampah di Masyarakat

Berdasarkan data se-Jawa Tengah, warga LDII mampu berkurban sebanyak 5.911 ekor sapi, satu kerbau dan 6.215 ekor kambing. Data tersebut diperkirakan terus bertambah, mengingat beberapa daerah belum melaporkan secara resmi.

Agus menambahkan, melalui momen tersebut, DPD LDII Pemalang berkesempatan untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Pendistribusian daging kurban, disalurkan langsung kepada masyarakat maupun masyarakat di sekitar masjid.

“Keberadaan LDII harus bermanfaat bagi masyarakat di seluruh daerah. Untuk itu, sebagai rasa syukur, kami berbagi kepada masyarakat melalui pembagian daging kurban,” tegasnya.

Ditambahkan Agus, pembagian daging kurban disesuaikan dengan anjuran Pemkab Pemalang, yaitu sebagian dibagikan menggunakan anyaman bambu atau besek atau kantong non plastik. Bahkan, di beberapa lokasi, daging kurban dikemas dengan daun jati sebelum dibagikan pada warga.

“Terima kasih pada semua warga LDII Pemalang yang telah taat melaksanakan ibadah kurban. Terima kasih kepada pemerintah yang telah mengizinkan melakukan pemotongan hewan kurban di sekitar 40 lokasi,” pungkasnya. (T08-Red)

Scroll to top
error: