DPRD Brebes bersama Perwakilan Guru Datangi Kemenpan RB dan BKN, Ini Tujuannya

BREBES, smpantura – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Brebes, mendatangi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) serta Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Jakarta, kemarin.

Mereka datang bersama perwakilan guru honorer yang lolos passing grade, menyusu persoalan pembatalan sebanyak 537 formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Rombongan DPRD Kabupaten Brebes yang berangkat ke Jakarta sejak Jumat (4/11) itu, dipimpin Ketua DPRD M Taufiq, Wakil Ketua Teguh Wahid dan Wurja.

Selain itu, ikut juga Ketua Komisi I Heri Fitriansyah dan Wakil Ketua Komisi I M Rizki Ubaidillah.

Mereka datang ke kedua kementerian itu, untuk meminta solusi, terkait penarikan usulan formasi guru P3K oleh Pemkab Brebes. Mereka juga ingin meminta kejelasan atas masalah tersebut.

Wakil Ketua DPRD Brebes Teguh Wahid mengatakan, kedatangannya ke Kemenpan RB dan BKN untuk mengupayakan solusi terkait persoala penarikan usulan formasi guru P3K.

Bahkan, pihaknya juga meminta penjelasan dan mekanisme yang bisa dilakukan Pemkab. Terutama, agar usulan formasi guru P3K bisa diakomodir kembali seperti semula.

“Ikhtiar kami ini, semoga membuahkan hasil sesuai harapan. Kami optimistis usulan ini bisa diberikan solusi terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Brebes Heri Fitriansyah menjelaskan, pihaknya mendesak dilakukannya kalkulasi ulang.

Khususnya, terkait kemampuan keuangan daerah dengan jumlah formasi guru P3K yang dibutuhkan. Kemudian, formulasi tersebut dikomunikasikan dengan Kemenpan RB, BKN, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Keuangan.

BACA JUGA :  Proses Izin Operasional RSUD Ketanggungan Terus Dikebut, Manajemen Gandeng PERSI Jateng

Sehingga, alokasi formasi guru P3K yang diusulkan daerah bisa tercover sesuai kebutuhan anggaran.

“Perjuangan negosiasi dan formulasi ulang guru P3K, masih terus dimaksimalkan. Sebab, batas akhir pembahasannya 13 November mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Brebes, Idza Priyanti beserta dinas terkait, juga dijadwalkan akan bertemu Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas Selasa besok (8/11).

Bupati menemui Menteri PAN RB juga terkait persoalan usulan formasi guru P3K.

“Bupati Brebes dijadwalkan akan menemui langsung Menteri PAN RB. Ini untuk mencari solusi terkait usulan formasi guru P3K ,” kata Asisten 3 Sekda Brebes, Eko Supriyanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan guru honorer yang lolos passing grade di Kabupaten Brebes, Jumat (4/11), mengeruduk Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Mereka berunjukrasa menyusul kebijakan Pemkab Brebes yang membatalkan usulan bagi 538 formasi guru P3K.

Informasi pembatalan usulan P3K itu didapat berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Dirjen Guru dan Kependidikan Kemendikbudritek RI, bersama Komisi X DPR RI, Kamis (3/11) di Senayan, Jakarta.

Diketahui, per tanggal 2 November 2022, Kabupaten Brebes menarik semua usulan PK3 guru, disusul Kabupaten Jayawijaya Propinsi Papua. (T07-Red)

Scroll to top
error: