Erupsi Gunung Semeru Sebabkan Tsunami ? Cek Faktanya

NASIONAL, smpantura – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membeberkan awan panas guguran Gunung Semeru menjangkau kurang lebih 13 Kilometer ke arah tenggara dan tidak sampai ke laut. Senin, (05/12).

“Dampak erupsi saat ini adalah abu vulkanik yang mendampak bagian barat daya, barat, dan selatan Gunung Semeru,” tulisnya.

Beredar informasi di masyarakat yang menyebutkan, bahwa kawasan relokasi merupakan lokasi tidak aman dari potensi terjadi bencana erupsi Gunung Semeru, sehingga banyak warga yang menempati hunian tetap di Desa Sumbermujur memilih mengungsi.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lumajang Joko Sambang mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing dengan informasi yang tidak bertanggung jawab mengenai aktivitas Gunung Semeru.

“Kami imbau masyarakat mengikuti arahan dari instansi yang berwenang yakni Badan Geologi yang akan terus melakukan koordinasi dengan BPBD di daerah,” katanya.

BACA JUGA :  Timnas U-17 Makin Mantap Puncaki Klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia AFC

PVMBG melalui akun Twitter resminya menyatakan kabar itu tidak benar atau hoaks.

“Kabar yang beredar bahwa erupsi Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah tidak benar,” tulis PVMBG dalam akun twitter yang diunggah pada Minggu, (4/12).  pukul 19.41 WIB.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengimbau masyarakat, tidak panik dengan isu hoaks pasca erupsi Gunung Semeru yang disertai Awan Panas Guguran (APG) yang terjadi di lereng Gunung Semeru.

“Saya meminta masyarakat yang berada di posko pengungsian untuk tidak mudah percaya terhadap informasi bohong yang disebarkan oknum yang tidak bertanggung jawab,” pungkasnya. (**-Red)

Scroll to top
error: