H Ischak Terpilih Ketua HNSI Kabupaten Tegal Secara Aklamasi

SLAWI, smpantura – Anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tegal sepakat memilih H Ischak Maulana Rohman sebagai Ketua HNSI Kabupaten Tegal masa bakti 2024-2029 dalam Muscab HNSI ke-8 Kabupaten Tegal di Gedung BLK Suradadi, Rabu (19/6). H Ischak berharap kedepan nelayan lebih sejahtera.

Sebelum acara Muscab, dilakukan ceremonial pembukaan Muscab yang dihadiri Asisten II Sekda Tegal dr Joko Kurnianto SKM MKes, Ketua DPD HNSI Provinsi Jateng, H Riswanto dan beberapa pejabat lainnya.

Usai pembukaan, dilakukan pembukaan Muscab ke-8 HNSI Kabupaten Tegal yang dilakukan Asisten II Sekda Tegal dr Joko Kurnianto. Sementara itu, Muscab dipimpin Ketua DPD HNSI Provinsi Jateng, H Riswanto. Muscab diawali dengan pengesahan dan tata tertib, penetapan pimpinan sidang, laporan pertanggungjawaban Ketua DPC HNSI Kabupaten Tegal masa bakti 2020-2024, pandangan umum peserta dan demisioner. Dalam pemilihan Ketua DPC HNSI Kabupaten Tegal, beberapa peserta mengusulkan nama, dan hanya ada satu nama yang muncul yakni H Ischak Maulana Rohman. Pimpinan sidang H Riswanto langsung menetapkan Ketua HNSI terpilih, H Ischak Maulana Rohman.

Ketua DPD HNSI Provinsi Jateng, H Riswanto menuturkan, tokoh yang terpilih diminta untuk meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya dalam menyejahterakan nelayan di Kabupaten Tegal. Selain itu, H Ischak juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan Pemkab Tegal untuk kelangsungan organisasi.

BACA JUGA :  Tingkatkan Silaturahmi, Apoteker Kabupaten Tegal Gelar HBH dan Workshop

“Penguatan ekonomi harus dikuatkan, karena kendala nelayan yakni modal perbekalan untuk melaut. Penguatan ekonomi ini dilakukan dengan pengembangan koperasi,” katanya.

Ketua Panitia Muscab ke-8 HNSI Kabupaten Tegal, Wanardi menjelaskan, pemilihan Ketua HNSI Kabupaten Tegal masa bakti 2024-2029 dipilih oleh 16 rukun, 1 perwakilan DPC dan 1 perwakilan DPD. Namun, dalam Muscab kali ini dipilih secara aklamasi karena hanya ada calon tunggal, yakni H Ischak Maulana Rohman.

“Sudah kali ketiga ini, pemilihan Ketua DPC HNSI Kabupaten Tegal dipilih secara aklamasi,” katanya.

Ia menilai, Ketua HNSI Kabupaten Tegal tidak harus dari kalangan nelayan, karena biasanya kalau nelayan tidak punya waktu untuk berorganisasi. Oleh karena itu, keputusan untuk memilih H Ischak merupakan langkah tepat, karena dia memiliki kemampuan untuk mengelola organisasi ini.

“H Ischak memiliki kemampuan untuk mengelola HNSI, dan bisa bersinergi dengan Pemkab Tegal,” ujarnya.

H Ischak Maulana Rohman usai dilantik mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan para nelayan. H Ischak yang mencalonkan diri dalam Pilkada Tegal itu, mengaku akan melanjutkan program telah dijalankan pengurus sebelumnya.

“Kami akan berupaya agar nelayan lebih sejahtera,” katanya. (T05_Red)

Scroll to top
error: