Jalankan Misi Kemanusiaan, Polres Tegal Bentuk Tim SAR Arnavat

SLAWI, smpantura- Dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus berperan melaksanakan misi keselamatan dan pertolongan kepada masyarakat yang mengalami musibah di wilayah perairan Kabupaten Tegal , Polres Tegal membentuk Tim SAR Arnavat .

Upacara pembentukan Tim SAR Arnavat dilaksanakan di pesisir Pantai Larangan Munjungagung Kramat , Sabtu (29/10), diikuti TNI-Polri, serta beberapa unsur dari pemerintah daerah antara lain BPBD, Satgana PMI Kabupaten Tegal dan relawan SAR Arnavat sebanyak 30 personil.

Nama Tim SAR Arnavat berasal dari semboyan kepolisian perairan yaitu Arnavat Dharpa Mahe, karena rasa kebanggaan dengan dilandasi keikhlasan sepenuh hati penunggu jiwa demi kemanusiaan menjalankan misi misi kemanusiaan.

Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at dalam amanatnya yang disampaikan Kabag Ops Polres Tegal Kompol Heryanto, menyampaikan, wilayah hukum perairan Polres Tegal terbentang mulai dari perairan dan pesisir pantai Kota Tegal sampai dengan Kabupaten Pemalang, yang mempunyai karakteristik perairan terdapat gelombang tinggi sehingga rawan terjadinya kecelakaan laut seperti kapal tenggelam, orang tenggelam, orang hilang, hanyut jatuh ke laut dan kebakaran kapal.

BACA JUGA :  Bung Yamin Ajak Pemuda Ikut Bantu Pemerintah

“Atas kejadian tersebut Polres Tegal beserta jajaran telah melakukan upaya dengan menerjunkan tim SAR guna melakukan bantuan pertolongan dan penyelamatan terhadap korban,”ungkap Heryanto.

Ditambahkan olehnya, operasi SAR yang dilakukan oleh Polres Tegal tidak akan berhasil tanpa peran aktif dan kerjasama dari masyarakat perairan dan pesisir pantai Kabupaten Tegal.

Untuk itu, diharapkan, Tim SAR untuk selalu mengembangkan diri dengan terus berlatih sehingga meningkatkan kemampuan serta kekompakan untuk kepercayaan masyarakat.

“Kepada seluruh personel Polres Tegal saya mengharapkan untuk selalu siap siaga dalam merespon segala bentuk gangguan konstitut serta quick respon terhadap segala kejadian yang menjadi di wilayah Polres Tegal untuk memberi pelayanan prima kepada masyarakat sehingga akan senantiasa terpelihara situasi yang kondusif,” pungkasnya. (T04-Red)

Scroll to top
error: