Jembatan KA di Tonjong Siap Dioperasikan Sebelum Lebaran

BREBES, smpantura– Pembangunan jembatan kereta api (KA) BH 1120 di Km 305+5/6 jalur hulu Linggapura-Bumiayu, tepatnya di Dukuh Timbang, Desa/Kecamatan Tonjong, Brebes, ditarget selesai akhir Februari mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, usai meninjau jembatan, Selasa (10/1).“Berdasarkan tinjauan, serta laporan dari konsultan dan kontraktor, pembangunan jembatan ini akan selesai akhir Februari mendatang,” kata Didiek.

Jembatan yang sedang dalam proses pembangunan tersebut merupakan pengganti jembatan lama yang putus akibat terjangan banjir pada Januari 2021. Selama proses pembangunan, perjalanan kereta api mengandalkan jembatan hilir yang berada di sebelah jembatan hulu.

BACA JUGA :  Cerita Korban Tanah Bergerak di Sirampog Brebes : Bulan Depan Mau Gelar Hajatan Tapi Rumah Rusak Berat

Pembangunan jembatan baru tersebut dilakukan oleh pemerintah melalui Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan sejak Oktober 2021. Konstruksinya menggunakan beton dengan bentangan jembatan 165 meter. Setelah pembangunan jembatan selesai, jalur KA Linggapura-Bumiayu akan semakin lancar.”Pada Maret mendatang, jembatan ini sudah akan dioperasikan untuk menyambut angkutan lebaran 2023,” kata Didiek

Dalam kunjungan tersebut, Direktur KAI Didiek Hartantyo yang didampingi antara lain Komisaris Independen KAI Riza Primadi, Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Harno Trimadi, dan jajaran, melihat langsung kontruksi jembatan. Selain konstruksi bagian atas jembatan, Didiek juga turun ke bawah melihat alur Sungai Glagah.(T06-red)

Scroll to top
error: