Jembatan Putus di Sirampog Sudah Berusia 30 Tahun

 

BUMIAYU, smpantura – Jembatan penghubung antara Desa Plompong – Dukuh Cigedong Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, yang putus, ternyata usiannya sudah sangat tua, yakni mencapai 30 tahun. Akibat insiden ini, jalan kabupaten ruas Plompong – Wanareja yang melewati Gunung Sumping – Cigedong di Kecamatan Sirampog, lumpuh total.

Seperti diberitakan sebelumnya, jembatan Sungai Capiturang di Desa Wanareja ini putus, akibat bagian abutment jembatan ambruk, Sabtu (8/10/2002) dinihari. Akibatnya kendaraan roda dua dan empat tidak bisa lewat. Warga harus memutar melalui Kecamatan Paguyangan – Bumiayu, dengan jarak lebih jauh dan ongkos lebih mahal.

BACA JUGA :  Tim Gabungan Amankan Pelaku Penusukan Pelajar Hingga Tewas

“Kami berharap segera ada penanganan. Repot kalau harus memutar lewat Paguyangan-Bumiayu. Ongkos transportasi jadi mahal,” kata Slamet, warga Desa Wanareja.

Koordinator BPBD Posko Bumiayu Budi Sujatmiko mengatakan, jembatan sepanjang 7,5 meter dan lebar 4 meter tersebut ambruk setelah bagian abutmen mengalami longsor akibat hujan berjam jam yang mengguyur lokasi. “Karena abutment longsor praktis badan jembatan ambruk,” kata Budi.

Selain faktor hujan, umur jembatan juga sudah sangat tua, yaitu 30 tahun.”Besok akan dilakukan penanganan berupa pembuatan jembatan darurat. Paling tidak bisa dilewati sepeda motor,” kata Budi. (T06-red)

Scroll to top
error: