Jetorbit Luncurkan Aplikasi Ujione

YOGYAKARTA, smpantura – Jetorbit perusahaan penyedia layanan hosting dan domain turut berpartisipasi menghasilkan inovasi untuk menjadikan kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien dengan meluncurkan aplikasi Ujian online (Ujione) dengan alamat website https://ujione.id

Ujione, diluncurkan sebagai alternatif untuk menjadikan pelaksanaan ujian menjadi lebih mudah, berbasis cloud, aplikasi Ujione tidak perlu membutuhkan server pribadi untuk dapat dijalankan.

“Hal ini tentu akan sangat memudahkan pelaksanaan ujian karena dapat dilakukan di perangkat apapun, di manapun, dan kapanpun. Kecanggihan teknologi di abad 21 ini hampir terus berkembang hampir di segala sektor. Salah satu sektor yang terdampak oleh perkembangan era digital ini adalah sektor pendidikan. Banyak inovasi yang bermunculan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan agar tidak tertinggal zaman,” ujar Mahardhika Gilang, CEO Jetorbit, kemarin.

Dia mengatakan, fitur-fitur andalan Ujione yang menjadikan kegiatan ujian menjadi lebih mudah, seperti ujian, pemantauan ujian, soal ujian multi tipe, bank soal, latex.

Selain itu juga ada fitur acak soal, hasil ujian dan tugas, tanggapan guru, kenaikan kelas, nilai dan rapor, manajemen guru, serta ada fitur bantuan.

Sesuai dengan fungsi utamanya yaitu memberikan ruang bagi guru dan siswa untuk mengadakan ujian secara online, maka Ujione menyediakan fitur ujian. Ujione dapat digunakan untuk membuat ujian mulai dari tingkat kuis, penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, hingga penilaian akhir tahun.

Pada fitur ini pengajar bisa memilih dan menampilkan jadwal serta waktu ujian, mata pelajaran yang akan diujikan, juga soal dan jenjang kelas yang akan mengikuti ujian. Bahkan pengajar dapat memantau kegiatan ujian siswa saat itu juga (real time), sehingga guru tahu sudah sejauh mana siswa mengerjakan ujian yang diberikan.

Menggunakan Ujione, guru dapat langsung membuat soal di sana. Guru juga dapat mengunggah soal yang telah disiapkan sebelumnya ke aplikasi Ujione dengan format dan tata cara yang sudah disediakan. Soal yang bisa disajikan juga bermacam-macam, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, isian panjang, soal cerita, mencocokkan, dan lain sebagainya.

Bank soal, Adakalanya guru tidak sempat membuat soal karena suatu hal. Oleh karena itu, Ujione menyediakan fitur berupa bank soal. Bank soal ini adalah tempat di mana para guru dapat mengunggah soal dan dapat dengan mudah digunakan pengajar lain yang membutuhkan.

BACA JUGA :  Halal Bihalal IKBT-BA Berlangsung Rahat, Bahas Isu Strategis hingga Peningkatan Usaha

Latex adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak Tex. Tex sendiri merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau untuk membuat formula matematika. Pada mata pelajaran eksakta seperti matematika, fisika, kimia, dan mungkin di luar rumpun tersebut, dalam pembuatan soal membutuhkan masukan lain selain abjad dan angka-angka.

Ujione menyiapkan fitur ini untuk membantu guru dalam membuat soal-soal yang harus menggunakan formula-formula matematika dan sejenisnya.

“Ujian online memiliki resiko kecurangan yang cukup tinggi, namun dengan Ujione, meski guru tidak mampu mengawasi ujian secara langsung kecurangan tersebut bisa diminimalisir dengan fitur acak soal. Dengan fitur ini, soal yang sudah diunggah bisa teracak secara otomatis sehingga antar siswa yang satu dan yang lain akan memiliki urutan soal yang berbeda,” tandasnya.

Ia mengatakan, hasil ujian dan tugas dimana fitur tersebut memberikan pilihan untuk menampilkan hasil ujian atau tidak, tentu atas pertimbangan guru. Selain itu fitur ini juga memberikan alternatif bagi guru untuk mengatur tanggal mengumpulkan tugas atau ujian yang harus dikerjakan oleh siswa.

Dengan fitur ini pula, siswa dapat melihat peringkatnya dalam sebuah ujian atau tugas. Guru maupun siswa dapat mengetahui sejauh mana hasil belajar siswa, ataukah mengalami peningkatan atau justru penurunan. Fitur tanggapan guru dikembangkan agar guru bisa memberikan tanggapan (response) terhadap jawaban dari ujian/tugas para pelajar.

Fitur nilai rapor tidak hanya mempermudah pada saat ujian, Ujione juga membantu guru dalam membuat laporan nilai. Guru dapat melihat nilai tugas maupun ujian dengan mudah. Nilai-nilai ini dapat dilihat untuk tiap individu maupun kelas secara keseluruhan.

Nilai-nilai yang sudah jadi nantinya juga dapat diexport. Manajemen Guru atau Pengajar fitur ini memberikan akses untuk menambahkan serta mengeluarkan guru dari aplikasi. Selain itu, fitur ini juga bisa memberikan akses bagi wali kelas untuk mengelola kelasnya.

Ujione menyediakan bantuan perihal penggunaan aplikasi, dukungan pelatihan pada aplikasi, dan laporan kesalahan program dan fitur. Jadi baik guru maupun siswa tidak perlu bingung jika kendala datang. (T08-Red)

Scroll to top
error: