Karya Tulis Mahasiswa Poltek Harber Raih Juara Nasional

TEGAL, smpantura – Mahasiswa Program Studi (Prodi) D3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berhasil meraih Juara Harapan III pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) yang diselenggarakan Universitas Wijayakusuma Purwokerto, pada akhir Agustus lalu.

Kompetisi yang dilakukan secara online ini melibatkan sejumlah 30 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Dilatarbelakangi oleh pelaku UMKM yang dalam menjalankan usahanya masih menggunakan cara manual, yaitu belum adanya pencatatan transaksi harian maupun bulanan,pencatatan nota penjualan dihitung manual menggunakan kalkulator yang berdampak pada kesalahan dalam perhitungan.

Serta belum adanya laporan penjualan yang seharusnya dibuat secara berkala untuk mengetahui total penjualan bersih yang dihasilkan dari proses transaksi yang dilakukan.

“Riset terapan ini merupakan upaya dalam meningkatkan kinerja UMKM dan memberikan warna dalam penyelesaian masalah yang ada pada UMKM sebagai ciri khas dari Perguruan Tinggi Vokasi dan terus berkomitmen untuk menghasilkan riset terapan berkualitas lainnya,” kata Andri Widianto selaku pembimbing.

BACA JUGA :  Ramadhan, Ribuan Rumah Tangga Terima Listrik Gratis

Menggunakan Research and Development (R&D) yaitu metode yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu serta menguji efektivitas produk.

Riset ini diperoleh dengan menerapkan setiap desain dan alur dari proses yang telah dirancang menggunakan aplikasi Microsoft Visio 2019.

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu yang dapat diakses seperti pengaturan data toko, stok barang, data barang, data supplier, transaksi penjualan, dan laporan penjualan.

“Riset terapan dengan menciptakan sebuah aplikasi sistem penjualan ini diharapkan memudahkan pemilik toko dan kasir dalam melakukan transaksi penjualan, mengontrol stok barang dan mengetahui total penjualan bersih pertanggal maupun keseluruhan serta mencetak nota penjualan secara otomatis dengan sistem terkomputerisasi,” ujar Aida Barokatullaeli peraih Harapan III dalam LKTI Nasional. (T03-Red)

Scroll to top
error: