KPU Pemalang Gelar Sosialisasi Pemilu dengan Tukang Becak

PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang menggelar sosialisasi Pemilu dengan abang becak. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya KPU Pemalang agar angka partisipasi masyarakat meningkat.

“Kita mengundang abang becak yang biasa mangkal disekitar kantor KPU Pemalang untuk diberi sosialisasi tentang Pemilu tahun 2024 mendatang. Respon mereka sangat bagus, baik dari segi kehadiran maupun dari tingkat keingin tahuan mereka dengan Pemilu mendatang,” ujar Komisioner KPU Pemalang, Agus Setiyanto, Sabtu (12/11).

Ia mengatakan, ada sekitar 64 orang abang becak yang diundang untuk diberi sosialisasi Pemilu 2024 mendatang. Mereka yang hadir diberi kaos, topi dan stiker Pemilu tahun 2024. Hal itu dilakukan agar mereka selalu ingat waktu pelaksanaan Pemilu sehingga pada saat pencoblosan nanti mereka datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak suaranya. Dalam kesempatan tersebut dimanfaatkan para abang becak untuk menggali informasi dengan menanyakan waktu pelaksanaan Pemilu dan alasan dilakuka Pemilu serentak. Melalui sosialisasi tersebut para komisioner KPU Pemalang menyampaikan alasan pemerintah menggelar Pemilu secara serentak dan waktu pelaksanaannya. KPU Pemalang membagikan stiker Pemilu dan waktu pelaksanaannya yang ditempel di becak mereka. Selain untuk mengingatkan abang becak, stiker tersebut bisa dibaca para penumpang sehingga masyarakat luas mengetahuinya. Melalui koas dan topi yang diberikan KPU Pemalang pada abang becak, diharapkan Pemilu serentak bisa tersosialisasikan pada masyarakat luas.

BACA JUGA :  Sosialisasi Empat Pilar ke Jemaat Gereja Pemalang, Profesor Hendrawan Tekankan Arti Penting Nasionalisme

“Selain menggelar sosialisasi pada abang becak, tahapan di KPU Pemalang yaitu masih proses verifikasi faktual (verfak) perbaikan untuk partai partai calon peserta Pemilu 2024. Tim kita masih menunggu masa perbaikan pasca verfak beberapa waktu lalu, dan tidak lama lagi sudah selesai,” imbuhnya.

Ketua KPU Pemalang, Mustaghfirin, mengatakan, total sampel verfak ada 1735 untuk sampel enam parpol disemua kecamatan. Parpol di Pemalang yang diverifikasi yaitu Perindo, Partai Kebangkiran Nusantara, PSI, Partai Buruh, Partai Garuda, Partai Gelora. Hasil verfak enam partai tersebut kepengurusannya ada semua di Pemalang, khususnya Ketua, Sekretaris, dan Bendahara, sebab dari pengurus yang diverfak hanya tiga jajaran itu.(T08-Red)

Scroll to top
error: