Lagi, Puluhan Rumah di Brebes Rusak Diterjang Puting Beliung

 

BREBES, smpantura –  Bencana angin puting beliung kembali terjadi di wilayah Kabupaten Brebes. Setelah menerjang sejumlah wilayah di Kecamatan Jatibarang, kini angin berkecepatan tinggi ini menerjang dua desa di Kecamatan Wanasari, Selasa (11/10) . Sebanyak 35 rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan akibat bencana alam ini.

Danramil 03 Wanasari, Mayor Infanteri Solekhudin mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian angin kencang tersebut. Namun, sebanyak 35 rumah warga terdampak akibat bencana tersebut. “Dari 35 rumah yang terdampak ini, 33 atap rumah rusak ringan, dan 2 rusak sedang,” ujarnya.

Dari data rumah yang rusak tersebut, kata dia, tersebar di dua desa. Yakni, di Desa Sigentong sebanyak 21 rumah yang tersebar 21 rumah di RT 04 dan RW 05. “Sedangkan 14 rumah lainnya merupakan milik warga Desa Siwungkuk,” jelasnya.

BACA JUGA :  Komisi II DPRD Brebes Nilai Operasional Pasar Seng Bumiayu Dipaksakan

Dia menerangkan, sebelum kejadian, wilayah tersebut diguyur hujan deras sekitar pukul 13.30-14.30. Tak berselang lama, angin puting beliung datang menerjang pemukiman warga.

“Kebanyakan rumah rusak di bagian atap. Ada juga yang gentengnya berserakan karena terhempas angin,” terangnya

Lebih lanjut, dia mengatakan, kebanyakan rumah yang atapnya rusak parah karena kondisinya sudah rapuh. Sementara untuk genteng yang berserakan itu rata-rata genteng kuno, maka riskan tersapu angin kencang. Namun demikian, anggotanya telah melakukan koordinasi dengan Muspika dan pemerintah desa masing-masing, untuk melakukan gotong royong perbaikan bangunan yang rusak besok.

“Akibat kejadian ini, kerugian yang terjadi di Desa Sigentong mencapai ratusan juta. Sedangkan di Desa Siwungkuk kerugian ditaksir puluhan juta,” pungkasnya. (T07_Red)

Scroll to top
error: