Longsor, Sebuah Jembatan di Sirampog Putus

 

BUMIAYU, smpantura – Hujan deras yang mengguyur wilayah Brebes bagian selatan, menyebabkan sebuah jembatan di wilayah Kecamatan Sirampog, Kabupatem Brebes putus, Sabtu dini hari (8/10/2022).

Jembatan yang berada di jalan kabupaten menghubungkan antara Desa Desa Plompong dan Dukuh Gunung Sumping Desa Wanareja itu, putus setelah abutmen jembatan mengalami longsor tergerus derasnya air sungai.

Akibat kejadian ini, mobilitas warga terputus karena jembatan tidak bisa dilalui semua jenis kendaraan, termasuk pejalan kaki. Mereka harus mengambil jalur memutar untuk menuju pusat kota kecamatan.

Slamet (55), seorang warga Desa Wanareja menuturkan, jembatan putus sekitar pukul 02.30. Sebelum putus, wilayah desanya diguyur hujan deras selama berjam-jam sejak sore hari. “Bagi kami, jembatan ini merupakan akses utama perekonomian, baik untuk menuju Sirampog maupun Bumiayu,” katanya.

BACA JUGA :  DPRD Brebes Siap Usulkan Tiga Nama Penjabat Bupati, Siapa Saja?

Akibat putusnya jembatan ini, lanjut dia, untuk menuju desa tetangga (Plompong-red) maupun ke Kantor Kecamatan Sirampog, warga terpaksa harus memutar melalui Desa Kretek Kecamatan Paguyangan. Jarak yang harus ditempuh lebih jauh dan memakan waktu lebih lama. Padahal lokasi pasar dan sekolah berada di pusat kecamatan. “Kami minta putusnya jembatan ini segera ditangani, karena satu-satunya jalan yang paling mudah ditempuh bagi warga,” ungkapnya.

Sementara itu, staf UPTD Pekerjaan Umum (PU) Bumiayu Warso menjelaskan, jembatan yang terputus memilki bentang sepanjang 5 meter dan lebar 3 meter.

“Saat ini pihak Babinsa, Pemdes dan masyarakat tengah bergotong royong untuk membuat jembatan darurat. Sementara terkait perbaikan jembatan masih dilakukan inventarisir untuk dilaporkan kepada BPBD maupun ke DPU Pemkab Brebes,” pungkasnya. (T07-red)

Scroll to top
error: