Menu Tutup

Mahasiswa ASP Poltek Harber Rancang Sistem Digital di Desa Dinuk

TEGAL, smpantura – Mahasiswa Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Dinuk, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.

Kegiatan selama periode menuju semester ganjil (Agustus-September) itu dilakukan dengan proyek utama membuat website sebagai wadah informasi bagi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pelita Mandiri.

Diketahui, Bumdes Pelita Mandiri, Desa Dinuk, memiliki beberapa unit usaha seperti persewaan gedung, toko bahan bangunan, angkringan dan pengelolaan sampah.

Dari unit-unit tersebut, pihak Bumdes telah membuatkan google form dalam website, sehingga memudahkan pengguna maupun pengelola dalam menginput data setiap terjadi transaksi.

“Dulu sempat ada admin yang menetap di kantor Bumdes. Tetapi karena mereka sekarang sibuk bekerja, sehingga saya yang kontrol urusan Bumdes. Utamanya unit usaha toko bangunan dan persewaan gedung,” terang Manajer Bumdes Pelita Mandiri, Tholkhah.

Adapun mahasiswa ASP Poltek Harber yang diterjukan di Desa Dinuk antara lain Shinta Nuriasalsabila Cantika Berlianti, Noti Ayu Nawangsih, Arvi Arsilla dan Wahyuning Ragita.

Dijelaskan Shinta, selama mengikuti program PKM, dia bersama teman-temannya melakukan inovasi dengan menambahkan beberapa fitur pada program yang telah berjalan di Bumdes Pelita Mandiri.

“Dari hasil input data transaksi yang sudah terekam di google form, kemudian akan dialihkan ke google spreadsheet sebagai output. Nantinya, data itu dapat diolah untuk menyusun Laporan Keuangan Bumdes Pelita Mandiri di Tahun 2022,” kata Shinta.

“Pengelolaan data tersebut dapat langsung terhubung dengan Penyimpanan Awan (Cloud Storage) karena menggunakan google drive, sehingga data-data tersebut tidak akan hilang kecuali tidak mengingat kata sandi dan email yang digunakan untuk penyimpanan data tersebut,” tambah Zakia Afrika

Selain itu, mereka menambahkan beberapa fitur seperti profil, lokasi, dokumentasi dan lainnya dalam website untuk memudahkan masyarakat Desa Dinuk maupun umum dalam mengetahui informasi mengenai Bumdes Pelita Mandiri.

BACA JUGA :  Pelaku IKM di Tegal Dilatih Membuat Kemasan Produk

Dosen pembimbing lapangan, Mohammad Alfian menyebut bahwa dengan adanya website tersebut, semua yang berkaitan dengan Bumdes akan ditampilkan secara transparan.

“Jadi warga Desa Dinuk maupun umum dapat mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan mengenai Bumdes. Termasuk laporan keuangannya, sehingga tidak perlu bertanya kepada manajer maupun perangkat desa. Cukup membuka websitenya saja,” ungkap Alfian.

Sementara, Kepala Desa Dinuk, Murdianto memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Poltek Harber, melalui mahasiswa yang melaksanakan PKM.

“Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa yang selama kurang lebih dua bulan sudah mau membantu serta menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi warga Desa Dinuk dengan dibuatkannya website untuk Bumdes. Selama PKM mahasiswa juga telah aktif beberapa acara kegiatan desa seperti BIAN, Muharam dan HUT ke-77 RI,” tuturnya. (T03-red)

Contact Us

error: