Mahasiswa KKN UIN KH Abdurrahman Wahid Dirikan Taman Baca

SLAWI, smpantura – Dalam rangka meningkatkan minat baca anak-anak di Desa Kalijambe, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) angkatan 54 kelompok 81 Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid Pekalongan membangun taman baca yang diberi nama “Taman Baca Cendekia”.

Kegiatan launching taman baca dilaksanakan pada Minggu (23/10) di Pendopo Balai Desa Kalijambe.

Launching dimeriahkan oleh kehadiran komunitas Kampung Dongeng Tegal, yang pada kesempatan itu mendongeng untuk anak-anak.

Tidak hanya mendengar cerita, anak –anak juga diajak bermain yang melatih konsentrasi.

Dosen pembimbing lapangan, Syamsul Bakhri, menyampaikan, pendirian taman baca di desa tersebut merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan dan pengabdian masyarakat dari civitas akademika UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

BACA JUGA :  Perkuat Pengamanan Pilkades Serentak, Polres Tegal Datangkan Bantuan Operasional

“Pendirian taman baca ini sangat baik, mengingat sekarang anak-anak lebih mengenal game dari pada buku. Dengan adanya taman baca yang didukung dengan hal yang menyenangkan seperti mendongeng maka ini akan menjadi gerakan literasi yang sangat baik,”jelas Syamsul.

Taman Baca Cendekia didirikan di tempat yang stategis, yakni di TK Az-Zahro yang berdekatan dengan Balai Desa Kalijambe.

Kepala Desa Kalijambe Agus Suyono berharap dengan adanya taman baca ini, anak-anak di desa nya dapat lebih giat belajar dan lebih gemar membaca buku , diantaranya buku-buku yang telah disediakan mahasiswa KKN UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.(T04-Red)

Scroll to top
error: