Mahasiswa PPG UPS Tegal Tampilkan Alat Peraga Digital 

  • Gelar Karya Poyek Kepemimpinan Gelombang II

TEGAL, smpantura – Kreasi dan inovasi menarik, ditampilkan sejumlah mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Pancasakti (UPS) Tegal.

Mereka menampilkan, antara lain, sejumlah alat peraga, untuk mendukung proses pengajaran dalam bentuk digital.

Tampilan karya mahasiswa dibantu dosen pembimbing, diusung dalam kegiatan bertajuk ”Gelar Karya Proyek Kepemimpinan Gelombang II”, di Auditorium Darijoen Senoatmodjo, kampus pusat perguruan tinggi tersebut, Minggu (10/9).

Kegiatan yang di Ikuti 11 Kelompok dari Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahas Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Pancasila, dinilai sebagai tugas akhir yang dihasilkan dalam mata kuliah Proyek Kepemimpinan II.

”Kegiatan ini menjadi puncak dari hasil produk yang dibuat mahasiswa, untuk mata kuliah Proyek Kepemimpinan II dengan pengawasan dari Dosen Pembimbing Proyek. Setiap kelompok melakukan tiga fase kegiatan di mata kuliah ini,” terang Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) UPS Tegal, Dr Beni Habibi.

Mulai Fase Pertama (Revisi dan Konfirmasi Rencana), kata dia, sebagai bentuk perbaikan, sekaligus melakukan perencanaan dalam persiapan eksekusi pada produk atau kegiatan yang dibuat. Selanjutnya, Fase Kedua merupakan Atur dan Mulai Eksekusi Rencana.

  • Luar Jaringan
BACA JUGA :  H Muhadi Gagas Kuliah Gratis Bagi Hafiz Hafizah RA Sakila Kerti

Di fase itu mahasiswa melakukan eksekusi produk, terhadap kegiatan yang dibuat. Baik dalam jaringan, seperti webinar dan luar jaringan, kegiatan literasi digital, membuat produk usaha kecil dan menengah, dan lain sebagainya.

Kemudian di Fase Ketiga adalah Berbagi Praktik Baik dan Gelar Proyek Kepemimpinan. Fase terakhir tersebut merupakan hasil dari produk yang dibuat.

Kegiatan gelar karya yang dilakukan, lanjut dia, merupakan salah satu bagian terpenting mata kuliah tersebut. Karena proyek itu merupakan puncak dari hasil produk yang ditampilkan selama berproses kegiatan pembuatan proyek tersebut.

Selain itu, juga menjadi kesempatan yang baik bagi mahasiswa PPG Prajabatan, dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan di setiap kelompok. Terutama saat membuat produk bermutu dan berkualitas, baik secara fisik maupun digital.

Rektor UPS Tegal Dr Taufiqullah yang melihat langsung kegiatan itu, memberi apresiasi tinggi kepada mahasiswa PPG.

”Karya-karya mahasiswa yang ditampilkan pada kegiatan pameran ini sangat beragam dan inovatif. Bahkan, beberapa produk yang dipamerkan berpotensi untuk didaftarkan HKI atau dapat memiliki hak paten”, ucap dia. (T02-Red)

Scroll to top
error: