Mahasiswa Teknik Elektronika Poltek Harber Beri Pelatihan Robotika

TEGAL, smpantura – Sebanyak 14 sekolah tingkat SMA/ SMK di Tegal, Brebes, Slawi dan Pemalang, mengikuti pelatihan robotika di Gedung D lantai 4 Prodi D3 Teknik Elektronika, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), Jumat (21/10).

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) D3 Teknik Elektronika Poltek Harber, memberi pelatihan robotika kepada 49 siswa dengan guru pendamping berjumlah 16 orang. ‘Robotika Merubah Dinamika Dunia’ diangkat menjadi tema pada pelatihan ini. Ketua Program Studi D3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Qirom menyampaikan bahwa kegiatan ini selain melatih soft skill mahasiswa, juga dalam rangka memfasilitasi sekolah yang tertarik di dunia robotika.

“Mempersiapkan SDM siswa SMA/ SMK wilayah Pantura Tegal dan sekitarnya untuk menghadapi era Industri 4.0. Apalagi perkembangan dunia robotika di dunia industri sangat cepat dengan adanya perkembangan teknologi autonomous,” kata Qirom.

BACA JUGA :  ADRI Jateng Realisasi Program Internasional

Sementara itu, Rony Darpono, selaku Narasumber menjelaskan bahwa dalam pembuatan robot transporter dengan kendali dari smartphone ini, diperlukan tiga tahapan.

“Tahap pertama yaitu pembuatan aplikasi dengan software app inventor dan pembuatan program dengan software Arduino IDE. Tahap kedua yaitu perakitan hardware transporter. Dan tahap yang terakhir adalah upload software ke dalam hardwarenya. Setelah proses upload sukses maka robot transporter dapat dikendalikan melalui smartphone,” terangnya.

Kepala Bagian Kepemimpinan dan Kewirausahaan Poltek Harber Prasetya Putra Nugraha, M.Pd. menerangkan jika kegiatan ini akan diprioritaskan dalam program kerja himpunan mahasiswa dengan melihat antusiasme peserta yang membludak.

“Harapannya acara pelatihan ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan sejenis atau event perlombaan,” kata Prasetya.

(T03-Red)

Scroll to top
error: