Panwaslucam Terpilih Wajib Bawa Surat Bebas Narkoba

SLAWI, smpantura – Sebanyak 54 peserta dari 18 kecamatan di Kabupaten Tegal yang terpilih dalam seleksi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Pemilu Serentak 2024, akan dilantik pada 28 November 2022. Peserta yang akan dilantik di Villa Guci Forest Jalan Raya Guci, Rembul, Kecamatan Bojong itu, wajih membawa surat bebas narkoba dan surat sehat rohanirohani dari rumah sakit pemerintah.

“Pengumuman nama-nama anggota Panwaslucam telah diumumkan di website resmi Bawaslu Kabupaten Tegal dan papan pengumuman pada 26 November 2022 Pukul 00.00,” kata Ketua Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Tegal, Istibsaroh SE saat ditemui di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tegal, Rabu (26/10).

Dikatakan, pembukaan pendaftaran calon anggota Panwaslucam dilakukan sejak 21-27 September 2022. Namun, karena ada kecamatan yang quota perempuan 30 persen belum terpenuhi, sehingga dilakukan perpanjangan pendaftaran mulai 2-8 Oktober 2022. Dari hasil pendaftaran tersebut, sebanyak 505 peserta lolos persyaratan administrasi. Dari jumlah itu, sebanyak 443 peserta yang mengikuti ujian tertulis.

BACA JUGA :  Gratis, Museum Semedo Dibuka Mulai 12 Oktober 2022

“Ujian tertulis menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Dalam ujian tertulis, diambil dua kali lipat kebutuhan Panwaslucam yang memiliki rangking teratas sebanyak 108 orang,” terang Istibsaroh yang juga menjabat Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Tegal itu.

Tahapan selanjutnya, kata dia, tes wawancara yang dilanjutkan dengan Rapat Pleno Penetapan Nama-nama Panwaslucam pada 24 Oktober 2022. Dari jumlah 108 orang, dipilih 54 orang yang setiap Panwaslucam beranggotakan 3 orang.

“Pelantikan pada 28 November 2022 yang dilanjutkan dengan pembekalan. Setelah dilantik, Panwaslucam akan langsung kerja,” katanya.

Ditambahkan, Panwaslucam akan bekerja melakukan pengawasan verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2024. Agenda yang telah berjalan tersebut, merupakan bagian dari pengawasan yang harus terus dipantau. Pasalnya, KPU tengah turun ke bawah untuk mengecek keanggotaan parpol.

“Sekretariat Panwaslucam tengah dipersiapkan pihak kecamatan, termasuk pegawai yang untuk membantu Panwaslucam,” pungkasnya. (T05-Red)

Scroll to top
error: