Pemilu Tahun 2024, Pemalang Diusulkan Tetap Enam Dapil

PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang telah menetapkan rancangan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu tahun 2024 mendatang. Dalam rancangan tersebut, Kabupaten Pemalang untuk jumlah dapil ada enam dan alokasi kursinya masih tetap sama dengan Pemilu sebelumnya yaitu total 50 kursi.

“Perlu diketahui bersama bahwa KPU Pemalang beberapa waktu lalu sudah menetapkan rancangan untuk dapil dan alokasi kursi, dan sudah diuji publik hingga beberapa kali. Jumlah kursi yang diperebutkan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) jumlahnya 50, dan jumlah tersebut terdistribusi untuk enam dapil yang ada,” ujar Ketua KPU Pemalang, Mustaghfirin, saat membuka uji publik rancangan penataan dapil, baru baru ini.

Dia mengatakan, rancangan dapil yang sudah disampaikan pada beberapa waktu lalu belum final, sebab masih ada tahapan yang harus dilalui. Terkait dengan rancangan dapil dan alokasi kursi DPRD Pemalang, masyarakat mapun partai politik dan pemerintah daerah bisa memberikan tanggapan atau masukan. Hal itu bisa sebagai bahan pertimbangan pada tahapan selanjutnya. Tahapan selanjutnya salah satunya uji publik, sebelum dikirim ke KPU. Apabila tahapan di daerah sudah selesai selanjutnya diserahkan ke pusat, KPU yang akan menentukan jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD Pemalang. KPU Pemalang sifatnya hanya menyiapkan data data dan menjalankan tahapan, sedangkan keputusan sepenuhnya di KPU. Berdasarkan tahapan, penetapannya bahwa finalisasi akan dilakukan pada 1 Januari hingga 9 Februari 2023 oleh KPU RI.Terkait dengan alokasi kursi KPU Pemalang mengacu pada Data Agregat Kependudukan kecamatan semester satu tahun 2022. Berdasarkan data dari pusat yang diterima oleh KPU Pemalang jumlah penduduk di daeeah tersebut sekitar 1,5 juta orang. Apabila melihat data tersebut dan mengacu pada Putusan KPU dan Undang Undang alokasi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pemalang masih tetap 50 kursi. Hal itu disebabkan angka maksimal 55 kursi di kabupaten, dengan catatan jumlah penduduknya minimal tiga juta orang.

BACA JUGA :  PMI Pemalang Gelar Pelatihan Pemeriksaan Skrining Antibodi

“Kami siap memberi dukungan dan berkomitmen bersama untuk bergotong-royong dan bersinergi mendukung keberhasilan penyelenggaraan agenda akbar Pemilu 2024. Selanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten Pemalang, saya Mansur Hidayat, Pemalang menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan uji publik ini, sebagai tindak lanjut dari sosialisasi Rancangan Penataan Dapil,” ujar Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat.

Ia mengatakan kegiatan uji publik tersebut menjadi salah satu tahap persiapan yang dilakukan oleh KPU Pemalang dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024. Untuk itu, pada kesempatan yang yang strategis itu pihaknya mengajak segenap unsur yang hadir agar dapat mendukung langkah tersebut, demi terwujud Pemilu 2024 yang sukses, aman dan tertib. Sebelumnya KPU Pemalang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang rancangan penataan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Pemalang. Oleh karena itu, uji publik pada hari ini tentu menjadi kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, yang diharapkan dapat menampung dan melihat respon publik.(T08-Red)

Scroll to top
error: