Penempatan Lulusan SMK Melalui Sinergi Quadro Helix

TEGAL, smpantura – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru mengatakan, perlunya sinergi bersama seluruh stakeholder dalam menempatkan lulusan SMK siap kerja.

Itu mengemuka, saat Disnakerin bersama Asosiasi Bursa Kerja Indonesia (ABKI) Tegal, memfasilitasi rapat koordinasi antara HRD PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) se-Eks Karesidenan Pekalongan, Kamis (12/1).

Dalam kesempatan tersebut, Heru mengajak seluruh stakeholder untuk

menjalin kolaborasi dan sinergi dalam menempatkan lulusan SMK yang siap kerja.

“Ayo jalin kolaborasi dan sinergi tempatkan lulusan untuk kerja atau disingkat Aja Kosi Teluk, yang berarti jangan menyerah,” jelasnya di Ruang Adipura, Kompleks Balai Kota Tegal.

Selain itu, Heru juga menegaskan pentingnya sinergi Quadro Helix antara pemerintah, perusahaan, lembaga pendidikan dan masyarakat untuk terus ditingkatkan, sehingga dapat terjalin kerja sama yang apik dalam meningkatkan penempatan lulusan SMK.

“Mari bangun sinergi quadro helix untuk penempatan lulusan SMK, sehingga membantu pemerintah mengurangi pengangguran,” ajaknya.

Hadir dalam rapat koordinasi, 93 pengurus BKK se-eks Karesidenan Pekalongan, bersama 15 Kepala SMK.

Ketua ABKI Tegal, Bambang Mugiharjo menyatakan siap memfasilitasi proses seleksi, sehingga lulusan SMK yang ditempatkan di perusahaan dapat bekerja dengan maksimal dan menghasilkan produk yang berkualitas.

BACA JUGA :  Askot PSSI Tegal Bentuk Asosiasi Wasit

Sementara itu, HRD PT. ADM, Budi Syarifudin mengemukakan, Tegal menjadi prioritas utama dalam penempatan lulusan SMK bekerja di PT. ADM. Pasalnya, para lulusan SMK dari Tegal, terbukti bekerja dengan baik di perusahaan.

Senada disampaikan, HRD PT. ADM, Fajar Nugraha yang memimpin jalannya rapat koordinasi dan menyampaikan apresiasi kepada Disnakerin Kota Tegal dan ABKI yang membantu memfasilitasi pertemuan tersebut.

“Selain untuk silaturahmi, kehadiran kami di sini juga ingin memperoleh feedback terkait penempatan kerja di PT. ADM untuk kerja sama ke depannya,” ungkap Fajar.

Dalam rapat, PT. ADM berharap untuk BKK dapat meneruskan ke siswa-siswanya agar lebih mempersiapkan diri dalam proses seleksi. Disiplin, team work dan memiliki daya juang tinggi merupakan syarat mutlak agar dapat bekerja dengan baik di perusahaan.

“Semoga BKK dapat membimbing dan menyiapkan lebih dini siswa-siswanya, sehingga nantinya lebih siap dalam menghadapi proses seleksi perusahaan,” harap Fajar. (T03-Red)

Scroll to top
error: