Pengamanan Kawasan Hutan, Tiga KPH Jalin Sinergi Dengan Polres Tegal

SLAWI, smpantura – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat, KPH Pemalang dan KPH Balapulang menjalin komunikasi dengan Kepolisian Resor (Polres) Tegal, untuk memperkuat sinergitas.

Pertemuan perdana telah dilakukan melalui kunjungan ke Mapolres Tegal beberapa minggu yang lalu.

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H, S.I.K melakukan kunjungan balasan kepada Perhutani, Rabu (28/2/2024).

Pertemuan dilakukan di Guci Forest yang merupakan salah satu wisata yang dikembangkan oleh Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat yang berada di sekitar obyek wisata Guci.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolres Tegal diterima langsung oleh Administratur/ KKPH Pekalongan Barat, Prasetyo Lukito, Administratur/ KKPH Pemalang, Uum Maksum dan Administratur/ KKPH Balapulang, Budi Haryadi.

Administratur/ KKPH Pekalongan Barat Prasetyo Lukito mengatakan, silaturahmi sebagai bentuk menjalin sinergi dan meningkatkan kerja sama yang telah terjalin dengan baik, khususnya dalam pengamanan kawasan hutan yang berada di wilayah kerja Polres Tegal.

“KPH Pekalongan Barat memiliki wilayah hutan yang secara administratif pemerintahan masuk Kabupaten Tegal yakni sebagian BKPH Moga yakni di RPH Tigasari dengan cakupan wilayahnya Kecamatan Jatinegara, Pangkah dan Bojong, BKPH Bumijawa yang meliputi Kecamatan Bumijawa, Balapulang dan Bojong. Perum Perhutani akan terus intens berkoordinasi bersama dengan Polres Tegal dan jajaran dalam pengamanan hutan dan karhutla,” terangnya.

BACA JUGA :  PLN Nyalakan Serentak 224 Pelanggan di Sektor Agrikultur, Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Kapolres Tegal, AKBP Mochammad Sajarod Zakun, S.H, S.I.K menyambut baik pertemuan sinergitas Perhutani KPH Pekalongan Barat, Pemalang dan KPH Balapulang bersama Polres Tegal.

“Skala prioritas menjaga keamanan. Dengan keterbatasan personil perlu langkah-langkah kerjasama dengan menggandeng pihak-pihak terkait. Situasi saat ini yang masih banyak turun hujan perlu kewaspadaan terhadap kebencanaan dengan menggandeng BPBD,” tutur Kapolres.

Dengan adanya koordinasi ini, Polri dan Perhutani dapat bersama-sama menjaga keamanan hutan dalam rangka mencegah terjadinya perusakan di dalam kawasan hutan. Polres Tegal siap untuk mendukung kinerja dari Perhutani.

“Polres Tegal dan Perum Perhutani akan terus bersinergi berkaitan dengan keamanan dan karhutla di wilayah hutan yang masuk wilayah hukum Polres Tegal,” tegasnya (T04-Red).

Scroll to top
error: