Perdana, Kota Tegal Ekspor Tekstil ke USA

TEGAL, smpantura – PT Dongcai Garment Indonesia, sebuah perusahaan garmen yang telah beroperasi satu tahun di Kota Tegal, sukses melakukan ekspor perdana produk tekstil ke United States Of America (USA).

Seremoni pelepasan ekspor perdana dilakukan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R. Heru Setyawan, di halaman pabrik yang berlokasi di Jalan Mataram, Jumat (6/1) sore.

Dalam sambutannya, Heru menyampaikan bahwa kehadiran PT Dongcai sebagai satu-satunya perusahaan kawasan berikat di Kota Tegal, telah nyata memajukan iklim industri dan berkontribusi dalam penyerapan tenaga kerja.

“PT Dongcai sangat membantu tugas fungsi dinas kami, ketika industri maju maka para pencari kerja akan terserap. Sebaliknya, tenaga kerja kompeten yang kami siapkan akan dapat mendorong perkembangan industri, salah satunya industri garmen yang dijalankan PT Dongcai ini,” ungkapnya.

Dikatakan, bahwa lebih dari 50 persen pekerja perusahaan garmen merupakan warga Kota Bahari.

Sementara itu, Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tegal, Pardini menuturkan, ekspor tekstil sebelumnya dilakukan melalui PT Sejin Global yang berlokasi di Balaraja, Kabupaten Tangerang.

Namun, terhitung Jumat (6/1) dan seterusnya, ekspor tekstil berupa baju renang akan dilakukan PT Dongcai Indonesia. Bahkan, Senin (9/1) pekan depan, kegiatan serupa juga akan kembali dilakukan untuk memenuhi permintaan buyer di USA.

BACA JUGA :  BNN Tes Urine Pimpinan UPS Tegal

Pimpinan PT Dongcai, Mr. Kim Ki Kun dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas support Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal dan instansi lain seperti Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Tegal.

Dirinya berharap, usaha tersebut akan tetap dapat berjalan baik dan banyak menerima pesanan dari buyer luar negeri, meski dunia menghadapi krisis ekonomi.

Sementara itu, Kepala KPPBC Tegal, Yudi Hendrawan memberikan apresiasi kepada PT Dongcai yang akhirnya berhasil melakukan ekspor.

“Semoga ke depan disusul dengan ekspor berikutnya, agar keberadaan perusahaan ini dapat menggerakkan roda perekonomian daerah,” harap Yudi.

Adapun ekspor perdana berupa baju renang sebanyak 3.120 karton berisi total 43.080 pieces ini akan dikirim ke USA melalui Pelabuhan Tanjung Priuk, dengan dua kontainer berukuran 40 kali 20 feet.

Selain pimpinan, jajaran manajemen dan perwakilan pekerja, seremonial yang ditandai dengan potong tumpeng, pecah kendi dan lepas balon juga dihadiri berbagai instansi.

Seperti di antaranya, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM Perdagangan), Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat (APKB), perwakilan Tim Swim USA, Guntur dan Miss Viret dari Kamboja, serta hadir pula anggota Komisi 2 DPRD Kota Tegal, Sugiyono. (T03-Red)

Scroll to top
error: