Perkuat Kesehatan Siswa dengan Personal Hygiene

TEGAL, smpantura – Dosen Prodi D3 Farmasi, Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan sampo anti ketombe dari ekstrak lidah buaya kepada siswa SMK Farmasi YPIB, Kabupaten Brebes, Senin (12/22).

Kegiatan tersebut merupakan wujud dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang mengangkat tema ‘Peningkatan Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Terhadap Kejadian Pityriasis capitis di SMK Farmasi YPIB Kabupaten Brebes’.

Dosen Prodi D3 Farmasi Poltek Harber, Tya Muldiyana menuturkan, pembuatan sampo anti ketombe adalah salah satu cara untuk memberikan edukasi kepada siswa terkait personal hygiene terhadap kejadian pityriasis capitis.

Tya menjelaskan, personal hygiene merupakan suatu kemampuan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk mempertahankan hidup, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatan.

‚ÄúSedangkan pityriasis capitis adalah suatu kelainan pada kulit kepala ditandai skuama berlebihan berwarna putih/ abu-abu tersebar pada rambut, disertai rasa gatal, tanpa/ sedikit inflamasi ringan serta menimbulkan gangguan estetika,” tutur Tya.

Tya menambahkan, sediaan sampo anti ketombe dari ekstrak lidah buaya menjadi pilihan karena bahan kandungan lidah buaya berfungsi sebagai penguat akar rambut karena memiliki kandungan vitamin B, C dan E.

BACA JUGA :  Viral di Medsos, Ini Tanggapan Wali Kota Tegal

Hubungan Masyarakat (Humas) SMK Farmasi YPIB Kabupaten Brebes, Rustiyaningsih menuturkan bahwa kegiatan PKM tersebut sejalan dengan kebutuhan sekolah dan siswa karena sama-sama memiliki Prodi Farmasi.

“Kegiatan ini sangat membantu siswa kami, khususnya untuk Prodi Farmasi. Kegiatan pembuatan sampo antiketombe dari ekstrak lidah buaya sejalan dengan kebutuhan keilmuan kami,” kata Rustiyaningsih.

Sementara, siswa SMK Farmasi YPIB, Pipik Salintang menuturkan, setelah diadakan sosialisasi kegiatan PKM, dia bersama teman-temannya merasa bertambah wawasan tentang jenis personal hygiene.

“Kami juga mempraktikkan bagaimana membuat sampo antiketombe yang menjadi salah satu item dalam menjaga dan merawat rambut,” tambah Anisah Azzahhrah.

Adapun kegiatan PKM tersebut dilakukan Dosen Prodi D3 Farmasi Poltek Harber, Tya Muldiyana, sebagai Ketua. Didukung oleh Rosaria Ika Pratiwi dan Resi Maidina Ulfa, sebagai Anggota 1 dan 2, serta 2 mahasiswa dari Prodi D3 Farmasi Poltek Harber yang ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. (T03-red)

Scroll to top
error: