Perpustakaan SDIT Usamah Raih Akreditasi A

TEGAL, smpantura – Perpustakaan Usamah bin Zaid SDIT Usamah Kota Tegal, menerima sertifikat Akreditasi Perpustakaan, Sabtu (17/12).

Penyerahan sertifikat diberikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Kota Tegal, Andri Yudi Setiawan, di Gedung Adipura, Komplek Balai Kota Tegal.

Perpustakaan Usamah bin Zaid SDIT Usamah, meraih nilai akreditasi A (sempurna) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Hasil penilaian akreditasi diumumkan pada 9 Desember 2021.

Diketahui, Perpustakaan Usamah bin Zaid, menjadi salah satu perpustakaan sekolah yang ditunjuk Dinas Arpusda Kota Tegal, untuk mengikuti akreditasi Tahun 2021.

“Kami membentuk tim khusus dari pustakawan, staf dan guru, untuk menyukseskan akreditasi. Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan hasil terbaik yang sudah diperoleh,” ungkap Kepala SDIT Usamah Kota Tegal, Nurbaeti.

Menurutnya, akreditasi tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka), terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Adapun proses pemenuhan instrumen akreditasi dilakukan selama kurang lebih tujuh bulan, terhitung Februari hingga Agustus 2021 lalu.

BACA JUGA :  Bank Jateng Optimalkan Program untuk Pemulihan Ekonomi Daerah

Dalam prosesnya, Perpustakaan Usamah bin Zaid, mendapatkan pembinaan dari Dinas Arpusda Kota Tegal, Arief Pitono. Pembinaan tersebut, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesiapan perpustakaan dalam memenuhi bukti fisik akreditasi.

Penilaian akreditasi perpustakaan sekolah meliputi enam komponen yaitu koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguatan kinerja. Dari enam komponen tersebut, terdapat 77 poin indikator kunci yang perlu dipenuhi.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penilaian akreditasi perpustakaan sekolah tahun 2021 dilaksanakan dengan sistem portofolio.

Mempertimbangkan situasi pandemi yang belum usai, tidak ada visitasi lapangan dalam pemeriksaan bukti fisik. Peserta akreditasi mengumpulkan borang melalui Dinas Arpusda, untuk dikirim secara kolektif ke Perpusnas RI.

“Kami berharap dari pelaksanaan akreditasi ini, Perpustakaan Usamah bin Zaid bisa semakin meningkatkan kualitas pengelolaan maupun pelayanannya, serta semakin menarik minat baca para siswa maupun guru,” tutur Kepala Perpustakaan Usamah bin Zaid, SDIT Usamah, Ummamah Silmi. (T03-red)

Scroll to top
error: