Petugas Kamling di Tegal Diminta Siaga

  • Antisipasi Kejahatan, Disambangi Patroli Polres

TEGAL, smpantura – Petugas yang berjaga di Pos Keamanan Lingkungan (Kamling), diminta selalu siaga dan waspada saat bertugas. Hal itu untuk mempercepat tindaklanjut laporan masyarakat, sekaligus sebagai upaya mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di lingkungannya.

Imbauan itu disampaikan Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas, sebagai tindaklanjut dari sentilan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfhie saat berdialog dengan tiga pilar, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi kemasyarakatan di Kota dan Kabupaten Tegal, pekan lalu.

”Karena itulah, selain pentingnya kekompakan peran tiga pilar di tingkat paling bawah, seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah atau Kades dan tokoh masyarakat, tokoh agama, sisi keamanan lingkungan dalam rangka menjaga kondusivitas perlu ditingkatkan. Antara lain, dengan meningkatkan peran petugas Pos Kamling di lingkungan masing-masing,” terang dia.

Untuk memberikan semangat, sekaligus memantau langsung situasi dan kondisi keamanan, Sat Samapta Polres Tegal Kota mengintensifkan patroli malam hingga subuh. Hal itu dinilainya sebagai salah satu upaya dan strategi pencegahan terjadinya aksi kejahatan.

Kegiatannya, antara lain, melalui Unit Patroli Mobil Back Bone, kesatuan tersebut aktif mendatangi beberapa lokasi yang dianggap rawan terjadinya tindak kriminalitas. Termasuk pula memantau langsung kesiapsiagaan petugas pos kamling di sejumlah wilayah.

”Ya kami sapa petugasnya, kemudian memberikan sosialisasi agar selalu siap siaga, dan cepat melaporkan ke pos polisi terdekat bila ada tindak kejahatan, atau ada hal-hal rawan yang dapat merugikan banyak warga,” terang Kasat Samapta Polres Tegal Kota AKP Bambang Sridiartono.

BACA JUGA :  Resmi Dihapus, Segini Pendapatan Uji KIR di Dishub Kota Tegal

Patroli Rutin
Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Samapta AKP Bambang Sridiartono mengatakan, berkait keamanan masyarakat, malam hari seringkali menjadi waktu yang rawan terjadinya berbagai jenis kejahatan. Berdasarkan hal itu, pihaknya terus berupaya menggelar patroli secara rutin. Salah satu tujuannya untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Tegal dapat terjaga.

“Memang aksi kejahatan dapat terjadi kapan Saja. Tapi resiko terjadinya lebih tinggi saat malam hari. Oleh karena itu, kami memprioritaskan patroli malam hingga subuh untuk memberikan perlindungan secara maksimal kepada masyarakat,” terang Kasat Samapta.

Personel yang diterjunkan untuk patroli, kata dia, tidak hanya fokus pada area-area umum. Tetapi juga menyasar lokasi yang dianggap rawan dan berpotensi terjadinya kejahatan. Dengan kehadiran petugas patroli, harapannya dapat mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan. Sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif sesuai harapan masyarakat.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan patroli, personelnya melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar. Mereka memberikan imbauan kamtibmas dan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. Salah satunya dengan menyambangi sejumlah Pos Kamling atau Pos Satkamling di sejumlah lokasi. Kemudian berdialog santai dengan masyarakat atau warga yang bertugas di Pos Kamling.

“Masyarakat adalah mitra utama dalam menjaga keamanan. Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama dan saling menginformasikan jika ada hal-hal yang mencurigakan. Atau perlu ditindaklanjuti bersama aparat keamanan terkait. Misal bertindak bersama personel Bhabinkamtibmas maupun Babinsa,” tandas dia.(T02_Red)

Scroll to top
error: