Pj Bupati Brebes Masih Belum Jelas, DPRD Belum Terima Surat Penetapan

BREBES, smpantura – Siapa yang bakal menjadi Penjabat (Pj) Bupati Brebes, menyusul telah habisnya masa jabatan Bupati Brebes Idza Priyanti dan Wakil Bupati Brebes Narjo, hingga Jumat sore (2/12/2022), masih belum ada kejelasan. Bahkan, DPRD Kabupaten Brebes juga belum mendapatkan surat penetapan Pj Bupati dari pemerintah pusat. Padahal sesuai rencana pada Minggu 4 Desember 2022 akan dilaksanakan pelantikan Pj Bupati di Semarang.

“Hingga sore ini, kami dari DPRD khususnya Komisi I belum mendapatkan informasi itu (penetapan Pj) dari pemerintah pusat. Bahkan, surat resmi juga belum ada,” ujar Ketua Komisi I DPRD Brebes, Heri Fitriansyah.

Dia mengatakan, siapapun nanti yang menjadi Pj Bupati Brebes, diharapkan bisa segera terisi. Sebab, purna tugas bupati tinggal dua hari, yakni pada 4 Desember 2022. “Kalau informasi pelantikan Pj Bupati ini, rencananya akan dilaksanakan di Semarang. Pelantikan ini juga sudah dipersiapkan, mungkin besok akan ada gladi bersih,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan,jika sampai tanggal 4 Desember penetapan Pj Bupati belum ada, maka akan diisi Pelaksana Harian (Plh). “Kalau penetapan Pj belum ada, nanti akan diisi Plh. Ini karena tidak boleh ada kekosongan jabatan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Fatayat NU Brebes Peduli Korban Gempa Cianjur

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti berharap, Pj Bupati Brebes nantinya bisa melanjutkan program yang sudah berjalan. Termasuk untuk mendorong pengentasan kemiskinan ekstrem. Serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Tentunya masih banyak PR yang belum saya selesaikan, terutama kemiskinan ekstrem. Kami berharap Pj Bupati bisa mendorong program untuk pengentasan kemiskinan ekstrem,” ujarnya saat ditemui usai boyongan dari Pendopo ke kediamannya di Saditan, Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes.

Seperti diketahui, untuk mengisi posisi Pj Bupati Brebes, DPRD Brebes secara resmi telah mengirim surat usulan nama kepada Mendagri. Dalam surat itu, dari tiga nama yang boleh diusulkan, DPRD Brebes hanya mengusulkan satu nama, yakni Sekda Brebes, Djoko Gunawan. Sementara dari informasi yang dihimpun smpantura.news, Gubernur Jateng juga mengusulkan tiga nama ke Mendagri. (T07_red)

Scroll to top
error: