Plt Bupati Pemalang dan Bawaslu Berkomitmen Perangi Politik Uang

PEMALANG – Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat sepakat untuk memerangi politik uang bersama Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat pada Pemilu dan Pilkada tahun 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat saat menjadi narasumber dalam acara webinar yang diselenggarakan oleh Bawaslu Pemalang. Webinar tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, dan Ketua Bawaslu setempat, Hery Setyawan dengan moderator Joko Widodo Wartawan Suara Merdeka.

“Saya sangat setuju dan berkomitmen bersama dengan Bawaslu Pemalang untuk memerangi atau mengkikis politik uang dalam Pemilu dan Pilkada mendatang. Politik uang merupakan tindakan yang mencederai demokrasi Indonesia, dengan adanya politik uang akan berdampak pada banyak hal, salah satunya memicu korupsi,” tutur Plt Bupati Pemang, Mansur Hidayat dalam webinar dengan tema Kikis habis politik uang dalam Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, kemarin.

Dia mengatakan, apapun alasannya politik uang tidak ada pembenarannya, sebab hal tersebut dilarang oleh Undang Undang dan dilarang agama. Bahkan politik uang termasuk bagian dari praktik korupsi sehingga hal tersebut dinilai haram apabila dilihat dari sudut pandang agama. Meskipun demikian, pihaknya tidak menampik hal tersebut, sebab praktik politik uang terjadi pada masyarakat kita. Melalui webinar tersebut pihaknya mengajak pada semua pihak untuk bersama sama memerangi politik uang. Peran dari penyelenggara Pemilu khususnya Bawaslu sangat dibutuhkan, tetapi hal tersebut tidak akan berjalan baik apabila tidak ada dukungan dari masyarakat, pemerintah, maupun para kontestan dalam Pemilu dan Pilkada 2024.

BACA JUGA :  Delapan ASN di Brebes Dijatuhi Sanksi Disiplin, Ini Pelanggarannya

“Saya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat menjadi narasumber dalam webinar Bawaslu Pemalang. Acara webinar tersebut merupakan salah satu program Bawaslu Pemalang dalam upaya pencegahan terjadinya politik uang dalam Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang,” tandas Ketua Bawaslu Pemalang, Hery Setyawan.

Ia mengatakan, berbagai upaya sudah dilakukan oleh Bawaslu Pemalang dalam rangka menjaga demokrasi di Indonesia agar tidak dicederai dengan hal hal yang melanggar aturan. Dihadirkannya Plt Bupati Pemalang diharapkan bisa membawa dampak positif terhadap demokrasi di Pemalang, khususnya politik yang. Berbagai upaya sudah dilakukan baik melalui pendidikan politik anti politik uang, membentuk desa anti politik uang, maupun menggelar berbagai macam sosialisasi anti politik uang. Bahkan beberapa hari yang lalu, Bawaslu Pemalang mengundang para pemilih pemula untuk mengikuti sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif. Dalam kesempatan tersebut mengadirkan dua narasumber salah satunya Joko Widodo Wartawan Suara Merdeka. Dalam kesempatan tersebut, Joko Widodo menyampaikan materi tentang Masa Pemilu, Pemilih Pemula Harus Bijak Bermedsos. (T08-Red)

Scroll to top
error: