PMI Salurkan Bantuan Rumah Roboh Warga Kelurahan kebondalem 

 

PEMALANG, smpantura – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang menyalurkan bantuan dana tunai dan paket family kit kepada korban rumah roboh akibat angin kencang Siti Barkah binti Tulus 63 tahun warga kelurahan kebondalem RT 04 RW 07.

Pemberian bantuan tersebut sebagai salah satu wujud kepedulian PMI Pemalang pada masyarakat yang terkena musibah.

“Sebelumnya ada laporan ke Posko PMI Pemalang dari masyarakat atas nama Slamet Riyadi yaitu warga Kebondalem, Pemalang, melaporkan adanya kejadian bencana rumah roboh. Rumah roboh tersebut terjadi akibat adanya angin kencang sehingga mengakibatkan satu rumah roboh rusak berat, tetapi tidak ada korban jiwa,” ungkap Ketua PMI Kabupaten Pemalang Akhmad Patah, Selasa (4/10).

Ia mengatakan, mendapatkan laporan tersebut, PMI Pemalang langsung tanggap meresponya. Tim tanggap bencana langsung melakukan pengecekan ke lokasi, selanjutnya PMI Pemalang datang dengan memberikan bantuan berupa paket family kit, terpal dan dana tunai, hal itu dilakukan untuk membantu meringankan beban korban bencana.

Sebelumnya PMI Pemalang telah menyalurkan bantuan pada masyarakat berupa uang tunai dan paket keluarga.

Mereka yang mendapatbantuan rumahnya roboh akibat keretakan tanah tebing sungai milik Caslim (75) Desa Kebandaran RT.03 RW.02 Kecamatan Bodeh Pemalang.

BACA JUGA :  Guru dan Murid Kompak Tampilkan Kesenian Nusantara di HUT SLB Negeri 1 Pemalang

Target yang ingin dicapai oleh PMI Pemalang yaitu bisa membantu masyarakat dalam berbagai hal kesulitan. Hal itu disebabkan dana yang diberikan pada PMI harus dikembalikan pada masyarakat dalam berbagai bentuk bantuan maupun layanan masyarakat yang membutuhkan.

PMI tidak hanya berbicara masalah darah, tetapi bergerak dalam kebencanaan dan kemanusiaan. Apabila disuatu daerah terjadi bencana, maka PMI harus segera datang membantu atau memberikan bantuan dalam berbagai bentuk.

Minimal para sukarawan PMI bisa membuat masyarakat yang tertimba bencana isa sedikit tersenyum dengan kehadiran PMI.

Bahkan agar mempercepat bantuan pada masyarakat, dana bantuan dititipkan di masing masing kecamatan khusus untuk dana bencana.

Besaraan dana bencana yang dititipkan dimasing masing kecamatan bervariasi yaitu antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta.

Bupati Pemalang Mansur Hidayat, berpesan agar dana bantuan yang terkumpul dari PMI dan Baznas meminta kepada perangkat desa, RW dan RT untuk dipergunakan membangun rumah Siti.

Bantuan diserahkan oleh Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat diterima korban disaksikan Ketua RT RW setempat, bersamaan bantuan dari PMI, turut serta membantu dari Baznas Pemalang. (T08-Red)

Scroll to top
error: