Polisi Batasi Pengunjung Masuk Alun-Alun Tegal

*Ada Konser Musik dan Maulid Akbar

*Sejumlah Ruas Jalan Dipasangi Barikade Beton

TEGAL, smpantura – Keramaian dan kepadatan warga yang akan merayakan kedatangan tahun baru 2023, diprediksi akan terjadi di Alun-Alun Kota Tegal, Sabtu malam (31/12).

Sebab di kawasan tersebut, terjadi kegiatan yang dapat menyedot ribuan pengunjung.

Di kawasan alun-alun, tepatnya di dekat Taman Pancasila, bakal digelar konser musik. Mengusung penyanyi tembang Jawa, Deni Cak Nan. Acara yang digelar mulai pukul 19.00, Sabtu (31/12/2022), prediksi akan berakhir sampai pukul 00.30 Minggu dini hari (1/1/2023).

”Kami dari jajaran Polres Tegal Kota, dan aparat keamanan terkait, sudah mengantisipasi bila terjadi kepadatan warga dan arus lalu lintas. Karena itulah, bila pengunjung di kawasan alun-alun membeludak atau sangat padat, maka kami akan tutup jalur masuknya. Dan warga tidak boleh masuk. Silakan cari di lokasi lain untuk merayakan malam pergantian tahun,” papar Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat SS, saat press release analisa dan avaluasi (Anev)

kriminalitas, juga berbagai kegiatan jajaran kepolisian itu, sepanjang 2022, Jumat (30/12).

Didampingi Wakapolres Kompol Zaenal Arifin SIP MH, para Kabag, Kapolsek dan Kasat, dia menegaskan, pengamanan tidak hanya terfokus di acara konser musik. Tapi acara pengajian Maulid Akbar di Masjid Agung Kota Tegal, yang jaraknya tak jauh dari panggung konser musik tersebut.

BACA JUGA :  Korsupgah KPK Sasar MCP Tematik Aset dan Pendapatan Daerah

”Kami tidak ingin seperti kejadian di Korea Selatan, yang ada korban jiwanya karena ada keramaian suatu kegiatan,” ucap dia.

Barikade Beton

Untuk mengantisipasi kepadatan massa yang masuk ke alun-alun, juga agar terjaga kelancaran arus lalu lintas kendaraan, Sat Lantas bersama Dinas Perhubungan, memasang sejumlah barikade beton, di sejumlah ruas jalan. Arus kendaraan masuk pusat kota akan diberlakukan buka tutup.

Bahkan, di alun-alun, selain ditempatkan sejumlah personel gabungan dari Polres Tegal Kota, Marinir Pangkalan TNI AL (Lanal) Tegal, Kodim 0712, dan Satpol PP, juga ditempatkan 30 personel Brimob Polda Jateng. Personel itu sudah siaga sejak menjelang perayaan Natal.

Selain itu, seluruh fungsi jajarannya hingga di tingkat polsekta, akan meningkatkan patroli di sejumlah wilayah di Kota Tegal. Hal itu untuk mengantisipasi dan menangani bila terjadi tindak kriminal. Mulai dari tawuran, copet, jambret, begal, curanmor maupun kriminalitas lainnya
Dia menyarankan ke warga Kota Tegal, bila ingin ke alun-alun, sebaiknya jalan kaki.

Karena parkir kendaraan sangat terbatas, dan untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan. Selain itu, bila di lokasi tersebut sudah sangat padat, sebaiknya mencari ke lokasi lainnya.(Riyono Toepra)

Scroll to top
error: