Poltek Harber Buka Peluang Mahasiswa ke Eropa

TEGAL, smpantura – Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal telah melakukan penandatanganan MoU dengan PT. Markija Berdaya Bersama, Selasa (13/12).

Direktur Poltek Harber, Agung Hendarto, berharap kerja sama dengan Markija dapat mendukung visi misi institusinya sehingga Poltek Harber bisa mengglobal.

“Kami berharap Poltek Harber bisa naik satu tahap untuk bisa lebih banyak mengirimkan mahasiswa ataupun lulusan mahasiswa hingga level internasional. Sehingga kita semuanya semakin ditantang untuk meningkatkan kualitas kami agar semakin memenuhi standar-standar global,” kata Agung.

Adviser PT Markija Berdaya Bersama, Priyono Eko Sanyoto, menilai bahwa kehadiran Markija di Poltek Harber merupakan hal yang tepat. Ia menuturkan bahwa mahasiswa yang memiliki kualifikasi akan berkesempatan untuk atau kerja di Eropa.

“Kami akan mencoba untuk menghubungkan langsung antara Poltek Harber dengan dunia industri. Sehingga harapannya, kita bisa menyiapkan SDM yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan industri,” tuturnya.

Head of Operation PT Markija Berdaya Bersama, Hadied Safarayuza menyampaikan bahwa Markija itu nama lokal rasa internasional. Marjika akronim dari kata mari kita kerja.

BACA JUGA :  Puluhan Siswa Kunjungi Pameran Karya Mahasiswa Teknik Elektronika Poltek Harber

”Markija telah menjadi edukator yang bekerja sama dengan Politeknik. Kami melihat bahwa mahasiswa Politeknik memang harus punya koalisi hebat dengan industri. Agar memiliki punya pengalaman magang secara baik. Kerja sama tersebut juga mengacu pada program merdeka belajar,” kata Hadied.

Hadied menjelaskan, saat ini Markija sudah memberangkatkan hampir 500, 446 perhari ini ke 3 negara, Hungaira, Ceko, dan Rumania. Dari sisi industri di sana melihat bahwa mahasiswa dari Politeknik sangat mungkin dari sisi teori dan sisi praktik saat magang di sana. Benefit yang diberikan juga banyak, diberikan akomodasi transport, makan, tempat tinggal, asuransi, dll.

“Tujuan utama Markija untuk memberdayakan mahasiswa, alumni, dan profesional muda Indonesia dengan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan bekerja di Eropa dengan standar tinggi,” kata Hadied.

Adapun tujuan dan manfaat bekerja sama dengan Marika, yaitu pertama, membuka kesempatan untuk berkarir di industri berkualitas eropa. Kedua mendukung program pemerintah. Ketiga, mendukung UU keinsinyuran. Terakhir, pengembangan hardskill, softskill, serta bahasa, budaya dan relasi internasional. (T03-Red)

Scroll to top
error: