Prodi Farmasi Poltek Harber Manfaatkan Ampas Teh untuk Perawatan Wajah

TEGAL, smpantura – Program Studi D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), mengadakan pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang pemanfaatan limbah ampas teh sebagai sediaan toner wajah, di SMK Al Ikhlas, Kota Tegal, Kamis (8/12).

“Kami melakukan inovasi membuat toner wajah dengan menggunakan ampas teh sebagai bahan aktif. Karena toner adalah salah satu sediaan yang dapat digunakan untuk membersihkan kulit wajah,” kata Dosen Prodi D3 Farmasi Poltek Harber, Purgiyanti.

Ketua Prodi D3 Farmasi Poltek Harber, Sari Prabandari menyampaikan manfaat ampas teh tidak hanya untuk menghilangkan mata sembab, tetapi juga untuk kesehatan pada kulit wajah.

“Salah satu manfaat ampas teh untuk wajah adalah untuk mengatasi jerawat, karena kandungan polifenol yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Sehingga ekstrak dari ampas teh ini sangat cocok digunakan sebagai bahan aktif pada sediaan toner,” kata Sari.

BACA JUGA :  Mahasiswa Poltek Harber Pelajari Teknologi Robotika Pemadam Api

Dosen Prodi D3 Farmasi Poltek Harber, Susiyarti menambahkan, pada pembuatan toner wajah tersebut diperlukan beberapa tambahan seperti minyak mawar yang digunakan sebagai pelembab dan pewangi.

“Kemudian tambahkan etanol 70 persen dan air sebagai pelarut,” katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan SMK Al Ikhlas, Nur Rofik yang didampingi Ketua Prodi Farmasi Erin Nursanti mengemukakan isi materi yang disampaikan oleh Poltek Harber sangat bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa SMK Al Ikhlas.

” Terdapat 42 siswa dan 4 guru yang antusias mengikuti pelatihan tersebut. Kami berharap agar program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Poltek Harber di SMK Al Ikhlas akan terus berlanjut di kemudian hari,” tegas Rofik. (T03-Red)

Scroll to top
error: