Raih 146 Suara, Gus Sholah Terpilih Jadi Ketua PCNU Brebes

 

BREBES, smpantura– Pengasuh Ponpes Al Hikmah 2 Benda Sirampog, Kabupaten Brebes, KH Sholahudin Masruri, atau yang akrab di sapa Gus Sholah, terpilih menjadi Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Brebes. Ia terpilih setelah meraih sebanyak 146 suara, dalam Konfrensi Cabang (Konfercab) PCNU Brebes, di gedung Islamic Center, Sabtu malam (15/10/2022).

Dalam pemilihan itu, Gus Sholah berhasil unggul dari tiga calon ketua lainnya. Sebanyak 4 calon yang bersaing dalam pemilihan tersebut. Selain KH Sholahudin Masruri, calon ketua lainnya adalah Syamsul Maarif, KH Agus Mudrik, Kiai Maftukhin dan kH Hudalloh Karim. Dalam konfercab itu, ada sebanyak 373 orang yang mendapatkan hak suara. Mereka merupakan perwakilan dari pengurus ranting atau desa dan kecamatan. Dari jumlah hak suara tersebut, KH Sholahudin mendapatkan suara terbanyak yaitu 146, disusul Samsul Maarif 102, Kiai Maftukhin 65, KH Agus Mudrik 59 dan KH Hudalloh Karim 1 suara. Atas perolehan tersebut KH Sholahudin berhak memimpin PCNU Brebes periode 2022-2027.

Ketua Karteker PC NU Brebes, Nusron Wahid mengatakan, terpilihnya KH Sholahudin sebagai hasil konferensi cabang harus dijunjung tinggi. Meski KH Sholahudin tidak mencalonkan diri, tetapi tetap mendapatkan amanah untuk memimpin NU di Brebes. “Hasil ini harus dihormati dan dijunjung tinggi. Artinya, beliau tetap dikehendaki oleh akar rumput dengan mendapatkan 146 suara,” ungkapnya usai acara.

BACA JUGA :  Giliran PJL Geruduk DPRD Brebes Tuntut Diakomodir Masuk P3K

Nusron Wahid mengaku, sangat mengapresiasi sikap Syamsul Maarif yang legowo untuk memberikan kesempatan kepada KH Sholahudin untuk memimpin NU. Sesuai tatib, calon dengan suara lebih dari 90 pada pemilihan tahap pertama, akan dipilih kembali untuk menentukan pemenangnya. Namun dengan tradisi kesantriannya, Syamsul memilih untuk tidak melanjutkan ke pemilihan tahap dua dan memberikan kesempatan kepada KH Sholahudin.

“Syamsul Maarif yang hadir dan lolos juga, karena tahu yang dikehendaki adalah Gus Sholah itu juga legowo ngasih kesempatan. Karena merasa, Sholah adalah anak dari guru beliau. Ini adalah tradisi yang baik,” terangnya

Terpilihnya KH Sholahudin, Nusron berharap, bisa membawa NU Brenes menjadi lebih baik dan bisa memberi manfaat pada masyarakat. (T07_red)

Scroll to top
error: