Sabrina Herliana, Berhasil Sabet Dua Medali Emas Pada Ajang Kejurprov NPCI

SLAWI, smpantura – Atlet disabilitas Kabupaten Tegal, Sabrina Herliana, berhasil menyabet dua medali emas cabang olahraga atletik, dalam ajang Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Kejurprov) National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Tengah 2022, yang digelar di Surakarta 25-27 Oktober 2022.

Meski baru pertama kali ikut kejuaraan atletik, siswa SMA 1 Dukuhwaru kelas XII IPS.2 ini sukses meraih medali emas untuk kategori lempar lembing dan lempar cakram.

Dia berhasil melempar lembing sejauh 7,5 meter dan cakram sejauh 9 meter.

Ditemui di sekolahnya, Rabu (2/11), Sabrina mengaku, dirinya sangat senang berhasil meraih prestasi yang membanggakan ini.

“Awalnya hanya menargetkan bisa mendapat medali saja, ternyata mampu mendapat dua medali emas sekaligus,” terang siswi berusia 17 tahun ini.

Anak kedua dari pasangan Hermanto  (48) dan Sairah (41), yang beralamat di Desa Dukuhwaru RT 2 RW 1 ini mengisahkan awal mula menekuni atletik.

“Saat penilaian renang oleh sekolah, saya ditawari oleh Pak Robi, guru di Tegal, untuk menjadi atlet paralimpik. Setelah itu saya dimasukkan dalam grup NPCI Kabupaten Tegal. Awalnya saya disuruh ikut badminton, tapi kelincahan kaki saya kurang. Lalu diarahkan ikut atletik , lempar lembing, lempar cakram dan tolak peluru,”jelas Sabrina.

Sejak Juli 2022, dia rutin berlatih di Lapangan Kecamatan Dukuhwaru. Latihan dilakukan Kamis dan Sabtu di bawah bimbingan Misda, pelatih yang juga guru SMA 2 Slawi.

BACA JUGA :  Lima Menit, ETLE Drone Jaring 15 Pelanggar

Sukses meraih prestasi di tingkat provinsi, siswa yang aktif di kegiatan Pramuka dan OSIS ini mengaku, akan terus rutin berlatih untuk ikut dalam kejuaraan di tingkat nasional.

Dia berharap bisa seperti Banyu Tri Mulyo , atlet sekaligus Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Tegal periode 2019-2024, yang memiliki segudang prestasi di cabang olahraga tenis meja tingkat nasional maupun internasional. Untuk itu, Sabrina berharap mendapat pembinaan dan dukungan dari semua pihak.

“Saya berharap bisa seperti Mas Banyu . Waktu latihan kemarin, saya didampingi Mas Banyu. Katanya, saya juga bisa seperti dia, mengikuti kejuaraan di luar negeri,” tutur gadis yang bercita-cita menjadi guru agama.

Dalam ajang Kejurprov NPCI Jateng 2022, Kabupaten Tegal mengirimkan enam atlet, yang turun di cabang atletik (tiga orang), tenis meja (dua orang) dan catur (satu orang).

Sementara itu, Kepala SMA 1 Dukuhwaru, Heris Samekto menyampaikan , dirinya merasa bangga atas prestasi yang diraih salah satu anak didiknya. Selain mengumumkan kabar gembira saat upacara bendera, sekolah juga memberi hadiah untuk menambah motivasi siswa.

 

Rasa bangga juga ditunjukkan dengan memajang spanduk bergambar Sabrina Herliana di sekolah.

Hal ini dilakukan untuk memotivasi siswa-siswi lainnya untuk meraih prestasi.

“Sekolah memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak disini untuk maju dan berprestasi. Buktinya Sabrina bisa berprestasi di tingkat provinsi,”tutur Heris. (T04-Red)

Scroll to top
error: