Sanggar Lukis Ing Warno Pamerkan Hasil Karya Seninya

PEMALANG – Ratusan hasil lukisan dan sket karya seniman lukis yang tergabung dalam sanggar lukis Ing Warno dipamerkan di aula Kelurahan Kebondalem, Kabupaten Pemalang. Ratusan lukisan tersebut hasil pembelajaran yang telah berlangsung sekitar dua tahun terakhir baik pelukis usia dini maupun pelukis senior.

“Kami dari sanggar seni lukis Ing Warno bekerjasama dengan Dana Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran lukisan dan sketsa dengan tema Nandur Seni. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 8-11 Desember 2022, dengan beberapa agenda kegiatan seni,” ujar Ketua Sanggar Seni Lukis Ing Warno, Al Rasyid, kemarin.

Ia mengatakan, ada lebih dari 100 karya seni lukis dan sketsa yang ditampilkan dalam pameran tersebut. Ratusan karya seni itu hasil karya dari 18 pelukis baik yang junior hingga senior, baik usia dini maupun usia dewasa. Hasil lukisan yang dipamerkan memiliki beragam tema, seperti akifitas masyarakat Pemalang antara lain, nelayan, pertanian, mamandikan kerbau maupun aktifitas pasar tradisional. Melalui kegiatan tersebut diharapkan bisa lahir atau muncul seniman Pemalang yang berkualitas dan berkarakter dalam hasil karyanya. Selain dipamerkan, bagi masyarakat yang tertarik untuk memilikinya dipersilahkan untuk membeli dengan menghubungi pantia atau pengurus sanggar Ing Warno. Lukisan yang dipamerkan tersebut dijual dengan harga bervariasi yaitu antara Rp 300 ribu hingga Rp 7 juta rupiah.

BACA JUGA :  FPPP Soroti Rekruitmen Sekda Pemalang¬†

“Keunikan dan ciri khas lukisan masing- masing pelukis sebagai sebuah karakter yang tersirat dari setiap karya seni yang mereka ciptakan. Oleh karena itu, dengan diadakannya pameran ini, diharapkan warga masyarakat Pemalang dapat berkunjung, menyaksikan, menikmati dan mengapresiasi karya-karya seni lukis yang sedang dipamerkan,” ujar Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, saat hadir membuka pameran lukisan dari sanggar Ing Warno.

Ia mengatakan, kegiatan pameran seni lukis tersebut kiranya dapat memberikan inspirasi baik bagi para pengunjung, seluruh pegiat seni, maupun para peserta pameran. Semoga ke depan dapat terus konsisten menciptakan terobosan-terobosan baru, kegiatan-kegiatan baru di bidang seni lukis, sebagai bagian dari upaya mendukung peningkatan kemajuan seni budaya di Pemalang. Mengingat kegiatan itu sangat strategis dalam rangka mengembangkan kemampuan arah pelukis, maka pihaknya mengajak seluruh masyarakat, baik pemerintah agar mendukung kegiatan tersebut.(T08-Red)

Scroll to top
error: