Sekda Joko Hadiri Upacara Ziarah Kubur dan Tabur Bunga di TMP Purakusuma Persada

SLAWI, smpantura –Sebagai bentuk penghormatan kepada arwah dan jasa para pahlawan yang gugur membela bangsa, pada Hari Pahlawan ke -77, Pemkab Tegal menggelar upacara ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purakusuma Persada, Kamis (10/11).

Bertindak sebagai inspektur upacara ziarah kubur ini Kabenglap IV/1-1 Slawi Mayor Cpl Tejo Riyanto.

 

Turut hadir dalam ziarah dan tabur bunga,

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono didampingi pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati.

 

Menurut Joko, Hari Pahlawan memiliki hikmah yang besar, terutama dari substansi energi positif atas nilai-nilai luhur kepahlawanan, keberanian dan kesungguhannya serta kecintaannya pada tanah air.

 

“Rasa persatuan dan nasionalisme yang kuat dari para pahlawan diharapkan menurun ke mentalitas generasi muda, generasi penerus yang ini diharapkan mampu menjadi benteng yang kuat dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia berlandaskan Pancasila,” kata Joko.

BACA JUGA :  Ada 14 Titik Rawan Bencana di Kabupaten Tegal, Sarana dan Prasarana Penanggulangan Bencana di BPBD Perlu Dioptimalkan

 

Hal senada disampaikan Nurhayati. Menurutnya, dengan kemudahan akses informasi digital diharapkan generasi muda tidak menghilangkan nilai-nilai kepahlawanan seperti nasionalisme, kesungguhan, persatuan, dan semangat yang tinggi membela negara dengan memanfaat segenap potensi yang dimiliki.

 

“Di era sekarang pun, anak-anak muda harus dapat membela harkat dan martabat bangsa, berprestasi di berbagai bidang di kancah global dan memberikan yang terbaik demi terjalinnya persatuan dan kesatuan. Jadi anak muda jangan pernah menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang tidak berguna,” ujar Nurhayati.

 

Lebih lanjut Nurhayati mengatakan, salah satu sikap yang patut diteladani dari pahlawan perang kemerdekaan adalah rela berkorban dan pantang menyerah. Artinya, mampu menempatkan kepentingan bangsa dan negara jauh di atas kepentingan pribadinya. Dari sini maka sikap egois dari generasi muda yang dapat menyeret pada perilaku menyimpang seperti tawuran pelajar bisa dihilangkan, diganti dengan semangat untuk berkompetisi secara positif.

(T04-Red)

Scroll to top
error: