Tahun Depan Ruas Kretek-Kaligua Diperbaiki, Dialokasikan Rp 20,8 M

BREBES, smpantura – Harapan masyarakat di Kaki Gunung Slamet Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, terkait perbaikan ruas jalan Kretek-Kaligua, dipastikan akan terealisasi di tahun 2023 mendatang.

Hal ini menyusul telah disetujuinya alokasi anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 senilai Rp 20,8 miliar untuk perbaikan ruas tersebut.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, kondisi ruas jalan Kretek-Kaligua yang rusak parah, memicu warga di sepanjang ruas jalan tersebut melakulan aksi unjuk rasa.

Mereka mendesak ruas jalan itu diperbaiki karena fungsinya sangat vital, Selain menjadi akses distribusi hasil sayur mayur, juga menjadi jalur wisata dan jalan utama warga menuju pusat pemeritahan.

“Alhamdulilah, harapan masyarakat di Brebes selatan, khususnya Kecamatan Paguyangan untuk diperbaikinya ruas jalan Kretek-Kaligua, kami pastikan dapat terealisasi di tahun depan.Ini menyusul sudah masuknya plot DAK senilai Rp 20,8 miliar bagi perbaikan ruas jalan ini,” ungkap Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes, Ridho Kaeroni, Senin,(7/11).

Dia menjelaskan, perbaikan jalan Kretek-Kaligua itu memang menjadi prioritas penanganan karen fungsinya sangat vital.

Nantinya perbaikan jalan dilaksanakan dengan cor beton. Bahkan, sesusi tahapannya minggu depan tim dari Kementerian akan melaksanakan verifikasi di lapangan.

“Sesuai informasi yang kami terima, minggu depan tim Kementerian akan melakukan proses verifikasi di ruas jalan ini. Kami berharap mudah-mudahan verifikasi ini berjalan lancar,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pernikahan Putri Kedua Mantan Bupati Brebes Maskawinnya Bikin Tercengang, Tanah 3,2 Ha

Selain ruas Kretek-Kaligua, lanjut dia, tahun depan juga akan diperbaiki ruas Cikakak-Banjarharjo, yang sumbernya juga dari DAK senilai Rp 6,9 miliar. Di ruas jalan itu, juga akan diperbaiki dengan cor beton.

“Tahun depan, kami mendapatkan anggatan DAK khusus perbaikan jalan totalnya Rp 27,4 miliar, yang dialokasikan bagi dua ruas jalan, yakni Kretek-Kaligua dan Cikaka-Banjarharjo,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk perbaikan jalan di tahun 2023, pihaknya juga tengah mengupayakan anggaran yang bersumber dari Bantuan Gubernur (Bangub) Provinsi Jateng. Sejumlah ruas jalan telah diusulkan agar bisa diperbaiki dari Bangub tersebut. Di antaranya, ruas

Bulakamba-Slatri dan Bulakamba – Pulolampes. Sedangkan di tahum 2022, Pemkab mendapatkan alokasi anggatan perbaikan jalan dari Bangub sebesar Rp 22 miliar.

Rinciannya, untuk ruas Limbangan-Randusanga Kulon sebesar Rp 6 miliar, ruas Brebes-Jatibarang Rp 4 miliar dan ruas Pebatan-Rengaspendawa Rp 12 miliar.

“Semua pekerjaan ini sudah selesai, bahkan kemarin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek langsung hasilnya. Kami berharap tahun depan anggaran Bangub bisa kembali diterima dengan alokasi yang lebih besar. Mengingat, masih banyak jalan yang harus ditangani,” pungkasnya.

(T07-Red)

Scroll to top
error: