Tekan Angka Kecelakaan, Siswa SMA 2 Slawi Dilatih Safety Riding

SLAWI, smpantura – Satuan Lalu Lintas Polres Tegal mengadakan sosialisasi dan pelatihan keamanan berkendara, (safety riding) di SMA 2 Slawi, Jumat (4/11).

Pelatihan ini untuk mengenalkan, bagaimana cara berkendara yang baik dan benar, dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara, khusunya sepeda motor.

Selain itu guna menumbuhkan kesadaran para pelajar agar tertib berlalu lintas.

Kegiatan tersebut diikuti 150 siswa dan guru. Tak hanya menyimak materi yang disampaikan Kasat Lantas Polres Tegal AKP Erwin Chand Siregar, peserta juga mengikuti praktek mengendarai roda dua dengan membuat bentuk angka 8 dan huruf U dengan dipandu tim safety riding Polres Tegal.

Kanit Keamanan Keselamatan Satlantas Polres Tegal, Ipda Chrisna Adi Winata mengatakan, safety riding seharusnya menjadi panduan bagi pengendara sepeda motor sebelum melakukan perjalanan, guna menjaga keselamatan.

 

“Kami menggugah kesadaran warga khususnya pelajar untuk tertib berlalu lintas. Mengendarai kendaraan bermotor harus dilengkapi surat-surat. Tertib berlalu lintas bukan karena ada petugas saja, tetapi untuk keselamatan diri sendiri,”tutur Chrisna.

BACA JUGA :  Berjuang Diangkat PNS, Forum Polisi Pamong Praja Gelar Istighosah

Dalam pelatihan itu, tim safety riding Polres Tegal mengingatkan siswa untuk melakukan pengecekan bagian kendaraan, surat-surat sebelum berkendara dan menggunakan peralatan yang melindungi diri.

Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan seperti oli, rantai, ban, lampu, aki, kaca spion , kopling, rem.

“Pastikan membawa surat-surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebagai bukti kendaraan yang dipakai legal dan selalu membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bukti telah legal mengendarai kendaraan,”jelasnya.

Untuk perlindungan diri agar menggunakan helm standar, sarung tangan, jaket/rompi.

Kemudian selalu menaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu lintas, menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara.

“Dan yang paling penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standar keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan,”sebutnya. (T04-Red)

Scroll to top
error: