Tenaga Kependidikan Poltek Harber, Dibekali Kemampuan Public Speaking

TEGAL, smpantura – Bagian Administrasi Akademik (BAA), Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), mengadakan pelatihan bertemakan, Be Communicative To Be Productive Influence Your Audience, di Aula Gedung C Poltek Harber, pada Jumat (15/09).

“Public speaking merupakan seni berbicara dengan publik. Teman-teman tenaga kependidikan ini kan berinteraksi dan melayani banyak orang. Saya kira itu juga bagian dari public speaking,” ujar Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Gunawan Adib Achmadi.

“Pesan saya adalah ketika berinteraksi dalam bekerja pakailah hati, bekerjalah dengan hati. Kalau orang sudah bekerja dengan hati, Anda akan merasa berarti. Pekerjaan Anda akan terasa bermakna. Yang mengalir tidak hanya kata-kata, akan tetapi hati, senyuman, dan semangat. Jadi ketika kita berinteraksi dengan orang lain akan menjadi lebih bermakna,” tambah Adib.

Rama Sahid menjelaskan, sasaran dalam pelatihan ini, yaitu Tenaga Kependidikan Poltek Harber.

“Hambatan yang biasa dialami ketika membangun interaksi dengan orang lain adalah merasa grogi, tidak percaya diri, kurangnya knowledge, lawan bicara tidak merespon dengan baik dll,” tutur Rama, selaku entrepreneur dan trainer profesional.

BACA JUGA :  Tahun 2024, UPS Terima Mahasiswa Kedokteran

Rama melanjutkan, dampak komunikasi yang buruk dalam dunia kerja, yang sering terjadi adalah kebingungan, instruksi yang tidak dijalankan sesuai harapan, kinerja individu/tim menjadi tidak fokus, semangat kerja yang menurun, stress dan bekerja tidak lagi menyenangkan, serta muncul konflik, hingga goals tidak tercapai.

“Menjadi objektif akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menjalin interaksi sehingga komunikasi dapat terjalin dengan baik dan produktivitas dapat tercapai. Menjadi komunikator hebat tidak lahir begitu saja, akan tetapi karena terus berlatih,” kata Rama.

“Tiga langkah dalam membangun produktivitas, melalui komunikasi yaitu menciptakan hubungan dengan konektivitas, banyak mendengar sebelum bicara, menyampaikan pesan dengan jelas dan lugas,” tambahnya. (T03-Red)

Scroll to top
error: