Tiga Destinasi Wisata Libur Akhir Tahun di Brebes Selatan

BREBES, smpantura – Libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 sudah di depan mata. Di Brebes Selatan, ada tiga destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.

Kebetulan, tiga tempat wisata ini berada di satu desa, yaitu Pandansari, Kecamatan Paguyangan.

Di desa yang terletak di kaki Gunung Slamet ini, terdapat beberapa tempat wisata populer.

Jangan khawatir soal aksesnya. Ruas jalan Kretek-Kaligua sepanjang 14 kilometer, kini sudah mulus berlapis beton dan aspal hotmik.

Destinasi wisata pertama yang bisa kalian datangi adalah Telaga Ranjeng. Yaitu sebuah telaga alami yang dihuni ribuan bahkan mungkin jutaan ikan yang jinak.

Pengunjung diperbolehkan memberi makan ikan-ikan tersebut dengan roti atau makanan lainnya.

Telaga yang masuk kawasan cagar budaya ini dikelilingi hutan pinus dan damar, sehingga udaranya sejuk.

Oh ya, Telaga Ranjeng memiliki sejumlah mitos yang pantang dilanggar wisatawan. Jadi kalian harus patuhi ya, adat istiadat yang berlaku di Telaga Ranjeng.

Dari Telaga Ranjeng, perjalanan wisata bisa dilanjutkan ke destinasi wisata ke dua, yaitu Agrowisata Kebun Teh Kaligua.

BACA JUGA :  Menengok Tempat Mandi Para Bidadari di Lembah Rembulan

Tempat ini menawarkan hamparan kebun teh yang hijau, dengan balutan udara khas pegunungan. Lalu ada mata air abadi ‘Tuk Bening’, dengan perahu kayuh untuk anak anak. Kemudian ada peninggalan sejarah ‘Goa Jepang’.

Dan terakhir ada puncak Sakub, yang untuk kalian yang ingin menikmati sunrise atau sunset. Oh ya, ada juga pabrik teh yang dibangun pada zaman kolonial Belanda.

Kemudian destinasi yang ketiga adalah Desa Wisata Pandansari. Di desa ini, Kalian tak hanya akan dibawa menjelajah kebun teh dan Telaga Ranjeng.

Tetapi juga cocok bagi kalian yang ingin merasakan kehidupan di desa yang warganya bekerja sebagai petani sayur dan buruh pemetik teh.

Kalian juga bisa belajar kesenian ronggeng, khas desa tersebut. Desa wisata ini juga memiliki atraksi budaya seperti Ratiban yang digelar sekali dalam setahun di bulan Muharam.

Kemudian ada juga atraksi Kaligua Culture Festival yang digelar setiap bulan Juli. Menarik bukan? (T06-Red)

Scroll to top
error: