Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Biar Tetap Segar

BREBES, smpantura – Di saat Hari Raya Idul Adha, masyarakat di Indonesia pada umumnya mempunyai stok daging berlimpah. Lalu, bagaimana cara menyimpan daging kurban ini agar bisa bertahan lama dan tidak mubazir. Beberapa umat Islam memang lebih memilih menyimpan daging kurban di dalam kulkas sebagai persediaan bahan makanan. Namun ternyata ada cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas biar tetap segar dan kualitasnya tidak berkurang.

Seperti yang dirilis www.baznas.go.id dalam artikelnya menyebutkan, ada lima Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Biar Tetap Segar. Yakni :

1. Jangan Mencuci Daging Kurban
Hal yang pertama dilakukan yakni, jangan mencuci daging kurban. Ini dikarenakan daging kurban akan mengeluarkan bau tak sedap jika dibilas dengan air. Bukan hanya itu, daging kurban yang terkena air akan meresap ke serat dan membuat daging menjadi cepat busuk.

2. Memotong Daging Kurban Menjadi Beberapa Bagian
Memotong daging kurban menjadi beberapa bagian agar mempermudah proses pencairan daging saat beku menjadi es. Selain itu, daging yang sudah dipotong-potong dapat mempercepat saat dimasak. Daging kurban dapat dipotong sesuai dengan porsi yang Anda inginkan.

BACA JUGA :  Dosen Poltek Harber Ajak Masyarakat Pahami Masa Pakai dan Kedaluwarsa Produk

3. Tidak Mencampur Daging dengan Makanan Lain
Menyimpan daging kurban di kulkas sebaiknya tidak dicampur dengan makanan lain. Hal ini dilakukan agar daging tetap segar dan tidak tercampur bakteri dari makanan lain. Anda juga sebaiknya menyiapkan tempat khusus dalam menyimpan daging kurban di kulkas.

4. Membumbui Daging Kurban
Anda dianjurkan untuk membumbui daging kurban sebelum disimpan di kulkas. Hal ini dilakukan agar daging yang kita simpan dapat tahan lama. Selain itu, bumbu seperti kunyit, garam dan lainnya dapat membunuh bakteri pada daging.

5. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Daging di Kulkas
Ada batasan waktu menyimpan daging kurban di kulkas agar masih layak dikonsumsi. Karena itu, usahakan jangan terlalu lama menyimpan daging kurban karena akan membuat daging menjadi tidak segar lagi.

Itulah Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Biar tetap segar, dan semoga bermanfaat. (T07_Red)

Scroll to top
error: