TK hingga SMA Luar Biasa Tampilkan Produk P5

PEMALANG – Dari tingkat TK Luar Biasa hingga SMA Luar Biasa dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pemalang menampilkan berbagai produk dari hasil program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Selain menampilkan produk olahan, mereka juga menampilkan pertunjukan kesenian dengan menggunakan asesoris dari limbah produk P5.

“Hari ini merupakan puncak acara penerapan program P5 dimana salah satu bagian dari kurikulum merdeka. Khusus di SLB Negeri 1 Pemalang, semua murid dan guru baik dari tingkat TK hingga SMA semuanya dilibatkan untuk menerapkan kurikulum merdeka khusuanya program P5 ini,” ujar Kepala SLB Negeri 1 Pemalang, Rijanto Eko Juliarto, kemarin.

Ia mengatakan, acara pentas seni dan gelar produk dari para murid SLB Negeri 1 Pemalang sudah dipersiapkan sejak tiga minggu yang lalu. Dalam acara tersebut, tidak hanya melibatkan para murid saja, tetapi melibatkan unsur guru maupun orang tua. Apabila mengacu pada penerapan kurikulum mereka, murid yang melaksanakan program P5 hanya kelas 1, 4, 7 dan kelas 10. Namun khusus di SLB 1 Pemalang semua siswa dilibatkan dalam program P5, baik jenjang TK hingga SMA. Pada saat pelaksanaan para siswa dibagi menjadi lima kelompok, yaitu kelompok TK, kelompok SD kelas 1,2,3, kelompok SD kelas 4,5,6, kelompok SMP, dan kelompok SMA. Masing masing kelompok tersebut menampilkan produk yang dihasilkan dari penerapan P5. Tema gelar karya yang diambil dalam acara tersebut yaitu gaya hidup yang berkelanjutan. Dari tema tersebut masing masing kelompok menjabarkan menjadi sub tema yang berkaitan dengan produk yang dihasilkan mereka. Kelompok TK sub temanya kami ingin hidup sehat dimana produk olahan mereka minuman herbal atau jamu, dimana bahan bahannya dari hasil menanam sendiri.

BACA JUGA :  Plt Bupati Pemalang Bantah Kabar, Munculnya Nama Sekda Definitif 

“Untuk sub tema SD LB yaitu tempat sampahku dan merawat kebun hijau bumiku, dimana hasil produknya tempat sampah dan olahan cabai. SMP LB sub temanya sampahku tanggung jawabku, produk yang dihasilkan yaitu pemanfaatan limbah kain dikreasikan menjadi produk seni yang kreatif,” imbuhnya.

Ia mengatakan, hal yang tidak kalah menarik yaitu sub tema yang diangkat oleh kelompok SMA LB. Mereka mengambil.sub tema bersama sampah organik belajarku asik, dimana para siswa mengolah kulit semangka menjadi olahan makanan seperti manisan dan keripik. Profil pelajar pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Dalam Kurikulum Merdeka, profil pelajar Pancasila menjadi tujuan dari berbagai strategi dan metode dalam pembelajaran.(T08-Red)

Scroll to top
error: