TNI dan PAM Sendang Kamulyan, Bantu Air Bersih Desa Kekeringan

BATANG, smpantura – Kemarau panjang, melanda Kabupaten Batang, berdampak pada mengeringnya sumber-sumber mata air, mengakibatkan beberapa desa warganya kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih, untuk keperluan setiap harinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, TNI AD melalui Kodim 0736 Batang, bekerjasama dengan Perusaaan Umum Daerah Air Minum (PAM) Sendang Kamulyan, berikan bantuan air bersih ke beberapa desa. Salah satunya Dukuh Kebon Batur, Desa Wonomerto, Kecamata Bandar, yang mendapatkan bantuan air bersih. Di perkampungan itu, ada sekitar bagi 150 warganya yang kekurangan air bersih.

Pasiter Kodim 0736/Batang, Kapten Inf Setiyono, mewakili Dandim Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menegaskan, bantuan air bersih, langsung didistribusikan ke warga.

“Dukuh Kebon Batur, kondisinya rawan kekeringan, sehingga kami kirimkan bantuan air bersih,”tandasnya.

Dia menambahkan, Kodim 0736 Batang, juga akan membantu pengadaan pompa air. Itu untuk memudahkan warga, mendapatkan air bersih. Pihaknya melakukan survei terlebih dahulu, mana lokasi, yang sumber mata airnya berlimpah.

“Kegiatan itu dilaksanakan, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-62,  Korem 071/Wijayakusuma. Sebagai bakti TNI, kepada masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Kapolres Batang Janji Tindak Lanjuti Keluhan Masyarakat

Dirut PAM Sendang Kamulyan, Yulianto menuturkan, bantuan air bersih itu sesuai dengan misi perusahaan, yang dicintai Masyarakat. Dengan misi meningkatkan pelayanan prima, cakupan pelayanan, kesehatan masyarakat serta kualitas SDM.

“Serta meningkatkan kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan. Selain menjaga kelestarian sumber air.” tuturnya.

Dirum, Sys Mandayun menambahkan, PAM Sendang Kamulyan, juga koordinasi dengan Satlak BPBD, terkait desa-desa yang memerlukan bantuan air bersih.

“Selain dengan TNI/Polri, kami juga terus koordinasi dengan Satlak BPBD, untuk dropping air bersih, di desa kekeringan dan memerluka bantuan air bersih,” tambahnya.

Kepala Desa Wonokerto, Bakhir mengutarakan, selama ini kebutuhan air bersih warga dipenuhi, dari mata air Desa Tombo. Namun karena kemarau berkepanjangan, mengakibatkan sumber mata air di desa tetangga itu mengering.

“Kami mengucapkan terimakasih, kepada TNI Kodim 0736 Batang dan PAM Sendang Kamulyan, yang memberikan bantuan air bersih. Sementara ini, menerapkan sistem bergilir dengan desa tetangga. Pagi untuk warga Desa Tombo dan malamnya baru warga Wonomerto.” ungkap Kepala Desa Wonokerto, Bakhir. (P02-Red)

Scroll to top
error: