TPA Kalijurang Punya Alat Berat Baru

BUMIAYU, smpantura– Pemkab Brebes melalui Dinas Lingkungan Hidup Pengelolaan Sampah (DLHPS) menambah satu unit alat berat baru di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kalijurang, Kecamatan Tonjong. Kini total ada dua ekskavator untuk bongkar dan penataan sampah di TPA tersebut.

Ekskavator baru hasil pengadaan melalui APBD Perubahan 2022 tersebut, tiba di TPA Kalijurang pada Rabu (16/11).“Alhamdulillah, alat berat baru jenis ekskavator sudah tiba di TPA Kalijurang,” kata Kepala DLHPS Kabupaten Brebes, Laode Vindar.

Dia menjelaskan, penambahan ekskavator baru tersebut dilakukan karena ekskavator lama sering mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan sampah di TPA menggunung. Mobil sampah dari sejumlah desa juga harus antre untuk membongkar muatannya.“Ini merupakan jawaban atas persoalan itu. Ekskavator baru ini untuk mempercepat kerja pembuangan dan penataan sampah di TPA,” kata Laode.

BACA JUGA :  Lima Pemuda Korban Pengeroyokan, 1 Tewas 3 Luka-luka

Menurut Laode, alat berat baru tersebut akan dioperasikan setelah dilakukan uji fungsi dan serah terima dari Bupati Brebes Idza Priyanti kepada Unit DLHPS Bumiayu. Adapun Sementara ekskavator lama tetap akan digunakan setelah dilakukan perbaikan. “Ekskavator lama akan diperbaiki. Jadi nanti ada 2 unit ekskavator yang dioperasikan di TPA Kalijurang,” ujarnya.

Selain alat berat, Laode menambahkan, DLHPS juga mengajukan anggaran untuk penanganan akses masuk TPA yang selama ini kondisinya rusak berat.” insya Allah akan direalisasikan tahun depan” katanya.

Petugas sampah dari Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Urip, menyambut gembira penambahan alat berat di TPA Kalijurang. Dia berharap, penataan sampah di TPA menjadi lebih efektif dan efisien.”Selama ini, untuk bongkar sampah di TPA kami harus antre berjam-jam karena alat berat sering mengalami kerusakan,” ujarnya.(T06-red)

Scroll to top
error: