222 Kendaran Dinas Polres Tegal Kota Dilakukan Uji Kelaikan

  • Harus Siap Amankan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

TEGAL, smpantura – Upaya mengantisipasi gangguan, menjelang tahapan kampanye Pemilu 2024, diam-diam, tak hanya dilakukan terhadap kesiapsiagaan personel Polres Tegal Kota yang bertugas di lapangan.

Kendaraan bermotor (Ranmor) dinas yang digunakan juga mendapat perhatian serius.

Tercatat sebanyak 222 unit ranmor dinas, terus dilakukan uji kelaikan, agar benar-benar dalam kondisi siap digunakan dalam bertugas.

Ranmor markas kepolisian itu, telah dilakukan uji kelaikan. Mulai dari kendaraan roda dua, roda empat dan roda enam yang berada di Mapolres Tegal Kota, hingga kendaraan roda dua dan roda empat yang digunakan di empat mapolsekta.

Uji kelaikan seperti perbaikan dan perawatan dilakukan di halaman Mapolres Tegal Kota, selama dua hari, Selasa (12/9) dan Rabu (13/9).

”Untuk mempercepat pekerjaan uji kelaikan yang meliputi perbaikan dan perawatan secara berkala, kami bekerjasama dengan rekanan UD Monte Carlo dan UD Oto Clinik yang langsung menerjunkan petugas service atau bagian perbengkelan,” terang Kepala Bagian Logistik (Kabaglog), Kompol Trio Prabowo.

Perlu diketahui, untuk jumlah unit kendaraan dina yang menjalani uji kelaikan, lanjut Kabaglog, sebanyak 222 unit.

Dengan perincian untuk kendaraan roda dua sebanyak 177 unit, kendaraan roda empat 41 unit, dan kendaraan roda enam ada empat unit.

“Semua kendaraan milik Polres akan dicek kondisinya. Mulai dari mesin sampai dengan bagian-bagian penting kendaraan yang lain. Kalau ada yang bermasalah dan perlu perbaikan, langsung dilakukan penggantian onderdil atau suku cadangnya,” ucap dia.

Perbaikan dan perawatan secara berkala, lanjut dia, perlu terus dilakukan. Tujuannya untuk meminimalisasi gangguan kendaraan saat akan digunakan dalam tugas sehari-hari.

BACA JUGA :  Polisi Imbau Pelajar Dilarang Mengejek dan Usil

Juga sangat berkaitan dengan kesiapsiagaan menjelang tahapan kampanye Pemilu 2024. Selain itu, juga untuk mewujudkan pelayanan terbaik terhadap masyarakat, yang salah satunya ditunjukkan dengan adanya kesiapan sarana dan prasarana kendaraan dinas yang digunakan.

Mempersiapkan Diri

Kompol Trio Prabowo menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Polres Tegal Kota beserta jajaran harus benar-benar mempersiapkan diri. Baik personel maupun sarana dan prasarana. Terutama kendaraan bermotor dinas.

”Kendaraan dinas, sebagai sarana transportasi merupakan kebutuhan yang sangat vital. Oleh karena itu kondisinya harus selalu siap bila sewaktu-waktu digunakan. Dengan demikian dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Kabaglog.

Sesuai dengan pengarahan dari Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi SH SIK MSi, dia berharap kepada seluruh personel markas kepolisiannya, agar melaksanakan tugas secara maksimal sesuai tupoksinya. Agar dapat mewujudkan sosok Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum.

Dia juga mengungkapkan, uji kelaikan yang dilakukan selama dua hari berturut-turut, merupakan jadwal perawatan ranmor periode terakhir pada tahun 2023. Perawatan sudah dilakukan sebanyak tiga termin atau periode dalam setiap tahunnya.

”Apalagi sekarang sudah masuk dalam tahapan pemilu dan mendekati masa kampanye Pemilu 2024. Kita harus benar-benar mempersiapkan diri termasuk sarana prasarananya. Untuk menghadapi agenda lima tahunan, mengamankan jalannya pesta demokrasi pada Pemilu 2024,” terang Kabaglog.

Samsi Aulia Prawiranegara selaku Manager UD Monte Carlo Cabang Sukoharjo mengatakan, untuk servis berkala yang dilakukan di Mapolres Tegal Kota, sudah dilakukan selama setahun ini. Dilakukan dalam tiga termin. Pemeliharaan dan perawatan dengan menerjunkan petugas khusus yang sudah ahli dan berpengalaman.(T02-Red)

Scroll to top
error: