7 Tempat Wisata Kaki Gunung Slamet di Brebes Recommended Dikunjungi

BREBES, smpantura – Kabupaten Brebes yang wilayahnya meliputi pantai dan pegunungan, mempunyai potensi wisata yang cukup banyak. Di wilayah Brebes selatan misalnya, terdapat sederet tempat wisata alam. Apalagi, daerah itu masuk dalam wilayah kaki Gunung Slamet.

Setidaknya ada dua kecamatan di Kabupaten Brebes, yang masuk dalam kawasan Kaki Gunung Slamet. Yakni, Kecamatan Sirampog dan Paguyangan. Di dua kecamatan itu, terdapat sejumlah wisata alam pegunungan yang mempessona. Namun disayangan, beberapa tempat wisata tersebut belum dikelola secara maksimal.

Tim pantura.suaramerdeka mencoba mengupas sejumlah tempat wisata kaki Gunung Slamet yang masuk di wilayah Kabupaten Brebes, dan recommended untuk dikunjungi.

1. Kebun Teh Kaligua
Obyek wisata yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes ini, namanya memang sudah sangat dikenal. Wisata yang menawarkan keindahan alam perkebunan teh ini, merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda. Selain pesona alam kebun teh dengan udara pegunungan yang sejuk, di tempat wisata ini pengunjung juga bisa mengunjungi sejumlah tempat bersejarah. Di antaranya, Pabrik Kebun Teh yang merupakan peninggalan Belanda, Maka Van de Jong yang merupakan pendiri Kebun Teh Kaliguan hingga Goa Jepang. Tak hanya itu, di kawasan Kebun Teh ini juga bisa menikmati wisata Tuk Bening, sebagai sumber mata air alam dari kaki Gunung Slamet.

2. Telaga Ranjeng
Lokasi tempat wisata Telaga Ranjeng ini, masih satu jalur dengan Kebun Teh Kaligua. Sekitar 1 km sebelum Kebun Teh Kaligua akan menjumpai Telaga Ranjeng yang masuk dalam kawasan cagar alam di kaki Gunung Slamet. Selain pesonanya yang mempesona, di obyek wisata ini bisa melihat jutaan ekor ikan Lele. Anehnya, jenis ikan yang menghuni Telaga Ranjeng ini bisa mendadak berganti menjadi ikan Mas. Pergantian jenis ikan yang begitu cepat ini, sampai sekarang masih menjadi misteri tersendiri. Pengunjug di telaga ini bisa memberikan makan, sambil beramain dengan ikan yang jinak penghuni telaga.

3. Teras Padi
Tempat wisata ini, juga masih satu jalur dengan Kebun Teh Kaligua dan Telaga Ranjeng. Lokasinya, di Desa Kretek, Kecamtan Paguyangan, Brebes. Obyek wisata ini, memiliki kosep resto, wisata dan cafe. Pengunjung selain bisa menikmatif pesona alam kaki Gunung Slamet, di Teras Padi juga bisa resah sambil menikmati kuliner. Tak hanya, itu sejumlah fasilitas yang menarik juga tersedian di obyek wisata ini. Di antaranya kolam renang, villa hingga joging trak.

4. Bukit Green Hill
Obyek wisata ini, berada di Dukuh Karangpucung Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Slamet, membuat udara di tempat wisata ini sangat sejuk dan segar. Obyek wisata ini berdiri tahun 2018 lalu. Selain menawarkan pesona alam pegunungan, di tempat wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas. Dari mulai kolam renang, resto, jembatan kaca hingga tempat karaoke untuk keluarga. Bahkan, di wisata ini anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, karena terdapat juga taman kelinci. Anak-anak bisa bermain denga kelinci sambil memberi makanan.

BACA JUGA :  Tarif Naik, Pelaku Usaha di Guci Datangi DPRD

5. Curug Cantel
Wisatan alam Curug Cantel berada di perbatasan antara Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dengan Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Tepatnya, di Desa Kalipedes, Kecamatan Sirampog. Wisata ini menawarkan keindahan air terjun setingga sekitar 60 meter. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus berjalan kaki dengan menyusuri tepian bukit dan sungai, berjarak sekitar 700 meter dari area parkir kendaraan. Beberapa waktu lalu, Curug Cantel ini sempat ditutup karena di areal parkir mengalami longsor. Namun saat ini sudah dibuka kembali.

6. Curug Putri
Wisata alam Curug Putri sama halnya dengan Curug Cantel, yang menawarkan pesona keindahan air terjun. Curug Putri berada di Dukuh Padanama Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Pesona curug putri ini dikenal sangat indah. Namun untuk bisa menikmati keindahan ini, pengunjung harus rela berjalan kaki menyusuri jalan setapak hingga sekitar 1 Kilometer. Rasa lelah menyusuri jalan ini, akan terobati saat menikmati air terjun alami tersebut. Bagi pengunjung yang berkunjung saat musim hujan, disarankan untuk lebih berhati-hati karena bisa terjadi banjir setiap saat.

7. Bukit Baper
Wisata Bukit Baper berada di Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Tempat wisata ini terbilang baru di kawasan Kaki Gunung Slamet, Kabupaten Brebes, dan saat ini terus melakukan pengembangan. Di tempat wisata ini, pengunjun bisa menikmati pemandangan yang mempesona dari ketinggian. Tempat ini cocok untuk berswafoto, dan terbilang obyek wisata yang murah meriah. Sebab, untuk masuk pengunjung hanya ditarik biaya Rp 5.000 per orang, dan parkir Rp 3.000. Pengunjung bisa bersantai, melepas lelah sambil menikmati secangkir kopi dengan pemandangan nan mempesona.

Sederet obyek wisata di Kaki Gunung Slamet, di wilayah Kabupaten Brebes tersebut, mungkin bisa menjadi tujuan untuk mengisi waktu liburan. Namun perlu diingat, lokasi tempat wisata yang berada di daerah pegunungan, untuk menuju tempat tersebut pengunjung akan melalui jalan yang menanjak, dan terkadang kondisi jalannya kurang bagus. (T07_Red)

Scroll to top
error: