902 Pendaftar Bersaing di Seleksi PPK, Besok KPU Mulai Gelar CAT

BREBES, smpantura – Sebanyak 902 pendaftar Badan Ad Hoc (Panitia Pemilihan Kecamatan-red), dinyatakan lolos seleksi administrasi. Bahkan, semua pendaftar tersebut akan menjalani Computer Asessment Test (CAT) mulai Selasa (6/12/2022) hingga (7/12/2022). Rencananya, tahapan seleksi CAT akan digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Brebes di SMA N 1 Brebes. Kemudian, hasil tes akan langsung diumumkan setelah semua sesi selesai.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi menjelaskan, berdasarkan tahapan perekrutan Badan Ad Hoc tingkat kecamatan, tercatat ada sebanyak 1.680 peserta yang mendaftar melalui akun Siakba dan melengkapi berkas pendaftaran. Namun, hanya 902 pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi dan berhak mengikuti tahap CAT. “Mekanisme pelaksanaan CAT, dilakukan dalam dua hari. Yakni, sehari empat sesi jadi totalnya delapan sesi,” ungkapnya, Senin (5/12).

BACA JUGA :  Kesiapan Penerapan KRIS, Anggota DPR RI Sidak RSUD Brebes

Menurut dia, dalam pelaksanaan CAT semua peserta akan kembali disaring berdasarkan perolehan nilai. Nantinya, akan diambil 255 peserta dengan nilai tertinggi dari CAT. Rinciannya, per kecamatan akan dipilih 15 peserta dengan nilai terbaik tiap kecamatan. “Dari total 255 peserta yang lolos CAT, akan menjalani tes wawancara. Kemudian, akan kembali disaring menjadi 85 orang terbaik sebagai PPK,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari sebanyak 85 hasil tes wawancara Badan Ad Hoc Kecamatan, nantinya tiap kecamatan akan diisi lima personel sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Nantinya mereka akan dilengkapi dengan tiga personel sekretariat dan kantor di masing-masing kecamatan melalui tes wawancara.

“Sesuai jadwal seleksi, tahap terakhir pelantikan Badan Ad Hoc PPK dilaksanakan 4 Januari 2023 mendatang,” pungkasnya. (T07_red)

Scroll to top
error: