Bupati Tegal Ajak Warga Biasakan Menabung

SLAWI, smpantura – Keberadaan Kantor Bank Jateng KCP Banjaran Kecamatan Adiwerna diharapkan akan membantu upaya pemerintah dalam menumbuhkembangkan budaya menabung di kalangan masyarakat, di samping memajukan ekosistem ekonomi lokal.

Demikian hal tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat meresmikan Kantor Bank Jateng KCP Banjaran Kecamatan Adiwerna, belum lama ini.
“Kebiasaan menabung ini baik untuk keperluan investasi, keamanan, simpanan hari tua maupun cadangan yang sewaktu-waktu dapat digunakan manakala terjadi resiko yang menimpa diri sendiri, keluarga maupun usahanya,” jelas Umi.

Terlebih, lanjut Umi, mata pencaharian dominan masyarakat Banjaran Adiwerna ini banyak bergerak di sektor usaha industri pengolahan dan perdagangan. Sehingga ini harus diimbangi dengan ketersediaan lembaga keuangan.
Kehadiran jaringan KCP Bank Jateng Slawi ini akan menjadi referensi bagi masyarakat Banjaran yang banyak bergerak di sektor home industry UMKM dalam mengakses layanan perbankan.

Umi menambahkan, digitalisasi perbankan menjadi salah satu tantangan lembaga keuangan di era society 5.0 saat ini yang harus ditopang dengan kemajuan infrastruktur tekfin. Terlebih, minat masyarakat bertransaksi melalui i-banking hingga platform lokapasar seperti e-commerce terus meningkat seiring dengan meluasnya ekosistem ekonomi digital.
Dirinya pun berharap, adanya kantor baru ini mampu memberikan kontribusi positif dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah melalui dukungan akses permodalannya, terutama bagi pelaku UMKM.

BACA JUGA :  Perkada Penjabaran APBD Perubahan Berpotensi Jadi Temuan BPK

“Ini sejalan dengan misi ketiga pembangunan daerah jangka menengah kita di 2019-2024 yakni membangun perekonomian rakyat yang kokoh, maju, berkeadilan dan berkelanjutan,” pesannya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Ony Suharsono menuturkan bahwa pembangunan gedung baru Bank Jateng ini merupakan wujud komitmen Bank Jateng dalam upayanya untuk terus meningkatkan pelayanan prima yang harus diberikan kepada masyarakat. Selaras dengan misi Bank Jateng yaitu memberikan pelayanan prima didukung oleh kehandalan SDM dengan teknologi modern serta jaringan yang luas.
Ony menyebutkan, secara keseluruhan jaringan kantor Bank Jateng di Kabupaten Tegal ini ada satu kantor cabang, tiga kantor cabang pembantu, termasuk KCP Banjaran ini, tiga kantor kas, satu payment point, satu unit layanan mobil kas keliling dan 18 mesin ATM, lima CRM dan 191 agen laku pandai.

Hadir dalam peresmian tersebut, Direksi PT Bank Jateng, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal serta Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal.(T07_red)

Scroll to top
error: