Digaji 5 juta per bulan, 100 Pekerja Migran Tegal Dilepas ke Malaysia

TEGAL, smpantura – Sekitar 100 pekerja migran asal Kota Tegal, dilepas ke Negeri Jiran Malaysia, untuk menjalani kontrak kerja selama dua tahun dengan gaji 1.500 Ringgit atau Rp 5 juta per bulan.

Mereka dilepas Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Selasa (4/10) siang.

Hadir dalam acara tersebut Pj Sekda Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan serta Direktur Utama PT Haena Duta Cemerlang, Dede Badrodin.

Kepada para pekerja migran, Dedy Yon berpesan agar nantinya mereka dapat bekerja dengan baik.

“Diniatkan untuk ibadah dengan membawa nama baik keluarga, sekolah, kota dan nama baik negara,” ucapnya.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, Heru Setyawan, menyatakan pelepasan pekerja migran merupakan yang pertama dilaksanakan di Kota Bahari. Mereka akan diberangkatkan ke Malaysia melalui Yogyakarta.

“Meski Tegal bukan kantong pekerja migran, tapi diharapkan melalui seremonial ini kita bisa melakukan sosialisasi dan edukasi. Salah satu upaya pengurangan angka pengangguran, para pencari kerja untuk mau bekerja di luar negeri secara prosedural dan menjadi pekerja migran yang legal,” tutur Heru.

Heru berterima kasih atas kerja sama OPD terkait, seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikdibud) serta Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tegal yang telah mensosialisasikan program tersebut.

BACA JUGA :  Prodi Perhotelan Poltek Harber Tingkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Warga Desa Wisata Mangrove Pandansari

“Mungkin sudah tidak pas lagi peribahasa ‘Lebih baik hujan batu di negeri sendiri, dari pada hujan emas di negeri orang’. Kita akan selamanya menganggur kalau tidak berani untuk memperbaiki nasib, baik untuk sendiri maupun keluarga dengan bekerja di Malaysia,” ungkap Heru.

Menurut Heru, para pekerja migran sudah disiapkan penginapan (mess) oleh perusahaan, dengan gaji 1.500 ringgit atau sekitar Rp 5 juta dengan masa kontrak dua tahun dan dapat diperpanjang kembali.

Disebutkan Heru, pihaknya juga bekerja sama dengan perusahaan lain untuk merekrut calon pekerja migran Indonesia di Malaysia di sektor food and baverage untuk rumah makan dan restoran.

“Mudah-mudahan ini juga dapat menarik minat para pemuda Kota Tegal untuk mendaftar,” pungkas Heru.

Direktur Utama PT Haena Duta Cemerlang, Dede Badrodin menyebut pekerja asal Tegal di Malaysia selama ini mereka baik-baik semua berdedikasi yang tinggi dan hampir tidak ada maslaah.

Disebutkan Dede, pihaknya sudah sekian tahun berjalan, dengan selalu didukung sehingga hampir tidak ada masalah dari A sampai Z.

“Sehingga schedule yang diberikan oleh klien kami di Malaysia berjalan sesuai dengan harapan-harapan mereka. Alhamdulillah perusahaan di Malaysia memberi apresiasi kepada kami, karena prosesnya berjalan dengan lancar,” ungkap Dede. (T03-red)

Scroll to top
error: