Generasi Milenial Adu Gagasan Kenalkan Budaya Kota Tegal

TEGAL, smpantura.news – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal, menyelenggarakan lomba Karya Tulis Ilmiah Cagar Budaya Kota Tegal tahun 2024 di Ruang Pertemuan Lantai 2 Disdikbud setempat, Selasa (2/7) kemarin.

Pelaksana harian Kepala Disdikbud Kota Tegal, Dewi Umaroh berharap, kegiatan yang diikuti siswa SMP dan SMA tersebut mampu menumbuhkan kecintaan generasi milenial akan budaya dan identitas bangsa.

Sebab, generasi muda berperan penting dalam pelestarian cagar budaya sebagai bagian dari pemajuan kebudayaan.

“Generasi emas ini memiliki ide dan inovasi untuk menjadikan cagar budaya sebagai trend, memperkenalkan cagar budaya ke dunia luar dan mengisi bidang akademik yang berkaitan dengan cagar budaya,” katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kota Tegal, Sulistiyo Rini dalam laporannya menyampaikan, lomba karya ilmiah bertujuan untuk memperluas akses angka melek budaya, terutama pada siswa-siswi SMP atau MTs dan SMA, SMK, MA terhadap pelestarian cagar budaya di Kota Tegal.

BACA JUGA :  Tingkatkan Mutu Pendidikan, Poltek Harber Kuatkan SPMI dan AMI

Lomba tersebut juga menjadi bagian untuk memperkaya kajian tentang cagar budaya dari perspektif generasi muda dan untuk mewujudkan ekosistem pendidikan berkebudayaan sebagai bagian pendidikan karakter pada satuan pendidikan.

“Jumlah peserta yang mengikuti lomba ini ada 38 siswa. dengan rincian 25 siswa SMP dan 13 siswa SMA,” ucapnya.

Salah satu peserta, Raimond P.E termotivasi mengikuti lomba tersebut karena ini ikut andil dalam upaya melestarikan bangunan cagar budaya di Kota Tegal, khususnya Gedung Birao (SCS).

“Saya berharap Gedung Birao bisa dioptimalkan penuh dan bisa menjadi ikon Kota Tegal. Misalnya dengan menambah diorama-diorama seperti di tempat dan bangunan sejarah di kota yang lain,” katanya. (T03-Red)

Scroll to top
error: