Kemenag Gelar Bimbingan Manasik Haji Bagi 1.258 Calon Jemaah

SLAWI, smpantura – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tegal menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Tegal yang bertempat di Syailendra Hotel Grand Dian Slawi, Senin (22/4/2024) dan Selasa (23/4/2024).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tegal, HM Aqsho melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Muhaimin, menjelaskan bahwa bimbingan manasik haji ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan bimbingan kepada calon jemaah haji (CJH) sebelum nantinya diberangkatkan ke Tanah Suci pada Mei 2024.

“Tujuannya, untuk memberikan pemantapan kepada 1.258 calon jemaah haji sebelum nanti diberangkatkan ke Tanah Suci,” ujarnya, Selasa (23/4/2024).

Dalam kegiatan pembekalan manasik haji ini, peserta mendapat berbagai materi yang disampaikan narasumber dari Kantor Kementerian Agama, Bagian Kesra, Dinas Kesehatan dan tokoh masyarakat.

Diantaranya tentang kebijakan pemerintah Indonesia tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah oleh Kepala Kemenag HM Aqsho dan Kabag Kesra Abdul Basit, kebijakan pelayanan kesehatan haji dan senam haji oleh Kepala Bidang Pelayanan UKM dan UKP Dinkes Kabupaten Tegal dokter Sarmanah Adimuraeny, kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah oleh Kasi PHU Kemenag Muhaimin dan tokoh masyarakat KH Lutful Hakim.

BACA JUGA :  Buka Dealer Baru di Tegal, Wuling Tawarkan Promo Gila-gilaan

Selain itu, prinsip keringanan /rukhshah dalam beribadah bagi lansia, prinsip kemudahan beribadah bagi lansia oleh KH Akhmad Rofiqi, alur perjalanan ibadah haji gelombang 1 dan 2 serta tata kelola daging hadyu (dam) oleh KH Mohamad Ircham.
Lebih lanjut, usai dilaksanakannya bimbingan manasik haji tingkat Kabupaten Tegal, persiapan lanjutan akan dilakukan dengan menggelar acara serupa tingkat kecamatan mulai tanggal 24 April hingga 29 April mendatang.

“Untuk tingkat kecamatan materi yang disampaikan spesifik dan langsung praktek,”jelas Muhaimin.

Muhaimin menjelaskan, calon jemaah haji Kabupaten Tegal semula berjumlah 1.260 orang, namun ada satu yang mengundurkan diri dan satu meninggal dunia.

“Jumlah calon jemaah haji 1.258 orang, terdiri atas 1.248 jemaah dan 10 orang petugas haji daerah (PHD),”jelasnya.

Penyusun Dokumen Haji Kemenag Roni Sulchan menuturkan, informasi dari aplikasi Haji Pintar , CJH Kabupaten Tegal terbagi dalam lima kloter yakni kloter 27 sampai 31.
Untuk kloter 27 bergabung dengan CJH dari Kabupaten Brebes, kloter 31 bergabung dengan CJH Kabupaten Pemalang. Adapun kloter 28,29 dan 30 semuanya dari Kabupaten Tegal.(T04-Red)

Scroll to top
error: